Abstrak RSS

Analisis Kebutuhan Komunikasi Pada Pasien Dengan Ventilasi Mekanik Selama Di Ruang General Intensive Care Unit (GICU) Rsup Dr. Hasan Sadikin Bandung

Analisis Kebutuhan Komunikasi Pada Pasien Dengan Ventilasi Mekanik Selama Di Ruang General Intensive Care Unit (GICU) Rsup Dr. Hasan Sadikin Bandung
Yustina Yantiana Guru, S.Kep.,Ns.M.kep; Suryani, S.Kp.,MHSc.,Ph.D; Nursiswati,S.Kep. Ners, M.Kep.,Sp.KMB
Fakultas keperawatan UNPAD
Indonesia
Fakultas keperawatan UNPAD
, , , , , ,

Terpenuhinya kebutuhan komunikasi merupakan aspek penting yang diharapkan oleh pasien dengan ventilasi mekanik dari perawat di Intensive Care Unit (ICU) untuk mencegah stres dan secara tidak langsung bermanfaat untuk meminimalkan waktu perawatan pasien di ICU. Oleh karena itu perawat perlu mengetahui tentang kebutuhan komunikasi yang diharapkan oleh pasien dengan ventilasi mekanik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan komunikasi pasien dengan ventilasi mekanik pada tiga komponen komunikasi yang terdiri dari saluran komunikasi, pesan komunikasi, serta komunikator. Desain penelitian adalah deskriptif eksploratif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan tertutup dan pertanyaan terbuka. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pasien yang telah keluar dari perawatan GICU RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan pernah menggunakan terapi ventilasi mekanik sebanyak 32 responden, serta menggunakan analisa data distribusi frekuensi dan prosentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan yang paling dominan pada komponen saluran komunikasi adalah komunikasi melalui gambar sebanyak 96,9%, dan pada komponen pesan komunikasi adalah informasi tentang nyeri dan ketidaknyamanan (100%), serta pada komponen komunikator adalah mengharapkan perawat mempunyai respon yang cepat dalam memenuhi kebutuhan pasien (96,9%). Sedangkan dari pertanyaan terbuka didapatkan informasi tambahan yaitu pasien membutuhkan adanya telepon agar keluarga dapat memberikan dukungan melalui komunikasi satu arah (6,25%) dan waktu yang lebih banyak bagi keluarga untuk mengunjungi mereka (6,25%).

Perawat diharapkan dapat menyediakan dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh pasien, meningkatkan penggunaan saluran komunikasi yang efektif, menyediakan waktu yang cukup bagi keluarga untuk berkunjung ke pasien, serta menggunakan telepon untuk memfasilitasi komunikasi keluarga ke pasien di luar jam kunjungan yang ditetapkan oleh pihak ruangan.

Meet the needs of communication is an important aspect which is expected by patients with mechanical ventilation from nurses in the Intensive Care Unit (ICU) to prevent stress, and indirectly beneficial to minimize the time of patient care in ICU. Therefore nurses need to know about communication requirements expected by patients with mechanical ventilation.

This study aims to identify the communication needs of patients with mechanical ventilation in the three components including communication channels, messages, as well as the communicator. Research design applied in this study was a descriptive exploratory using a questionnaire consisting of closed questions and open questions. Sampling was purposive sampling technique in which patients who had been discharged from General Hospital Intensive Care Unit (GICU) Dr. Hasan Sadikin Bandung and once using mechanical ventilation therapy, with total of 32 respondents, as well as analysis of the data using frequency distributions and percentages.

The results indicated that the most dominant component of the communication channel is communication through images (96.9%), from the communication message is the need of information about pain and discomfort (100%), and from the communicator component is hoping nurses to have a quick response in fulfiling the needs of the patients (96.9%). While from the open-ended questions was obtained additional information which the patients requires phone to families can provide support through one way communication (6,25%) and more time for families to visit them (6,25%).

Nurses are expected to provide and give information that are needed by the patient, increase the use of effective communication channels as well as provide sufficient time for families to visit the patients, and using telephone to facilitate communication to the patient’s family outside the visiting hours set by the room.

Download: Pdf