Abstrak RSS

Peran Sikap Terhadap Self-Regulated Learning Dalam Membaca Literatur Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Peran Sikap Terhadap Self-Regulated Learning Dalam Membaca Literatur Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Marcellina Adinda Dwiarie
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Salah satu persyaratan untuk dapat lulus dari pendidikan di Fakultas Psikologi Unpad adalah menyusun tugas akhir atau skripsi. Untuk dapat menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan baik, mahasiswa harus melakukan tugas-tugas lainnya yang dapat menunjang. Salah satunya yang penting adalah studi kepustakaan dengan mencari dan membaca sumber literature ilmiah. Kegiatan membaca literatur bukanlah kegiatan akademik yang terstruktur atau terjadwal sehingga dituntut kemandirian, keaktifan, dan pengelolaan diri yang baik dari mahasiswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Pengaturan diri dalam proses pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa mampu secara mandiri dan aktif mencapai tujuan pembelajarannya dapat dilakukan dengan melakukan self-regulated learning atau regulasi diri dalam belajar. Peneliti mengamati, pada mahasiswa yang kurang menjalankan self-regulated learning ketika membaca literatur selama penyusunan skripsi terdapat sikap yang negatif terhadap tugas tersebut. Sebaliknya, diamati adanya sikap yang positif terhadap tugas tersebut pada mahasiswa yang menjalankan self-regulated learning. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat peranan sikap terhadap self-regulated learning dalam membaca literatur pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian nonexperimental quatitative dengan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi Unpad. Dengan teknik sampling convenience sampling, didapatkan sampel penelitian sejumlah 79 orang. Kuisioner self-report digunakan untuk mengukur sikap mahasiswa terhadap membaca literatur dan self-regulated learning mahasiswa dalam menjalankan tugas tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berperan secara signifikan terhadap self-regulated learning mahasiswa Fapsi Unpad dalam membaca literatur selama penyusunan skripsi. Korelasi yang didapat menunjukkan korelasi sedang (r = 0,659) dengan besarnya peranan sikap terhadap self-regulated learning sebesar 42,7%. Didapatkan persamaan linear yang terbentuk adalah : Self-Regulated Learning = 45.070 + 1.510 Sikap.

Download: .PDF