Abstrak RSS

Hubungan Persepsi Keharmonisan Keluarga Dengan Konformitas Dalam Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP Terbuka Firdaus

Hubungan Persepsi Keharmonisan Keluarga Dengan Konformitas Dalam Kenakalan Remaja Pada Siswa SMP Terbuka Firdaus
Anggi Septia Nizarwan
Unpad
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Unpad
, , ,

Masa remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menuju masa dewasa. Secara umum dapat diketahui pada masa transisi tidak menutup kemungkinan akan terjadi pergolakan-pergolakan fisik, psikis dan sosial. Keluarga merupakan fondasi primer bagi perkembangan remaja. Selain bersosialisasi di lingkungan keluarga, remaja juga melakukan interaksi dengan teman sebayanya. Pengaruh dari teman sebaya ini cukup mendominasi kehidupan individu pada masa remaja, sehingga memungkinkan individu untuk melakukan perilaku konformitas terhadap kelompoknya bahkan untuk hal negatif seperti tindak kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi remaja terhadap keharmonisan keluarga dengan konformitas dalam kenakalan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukurnya. Alat ukur persepsi keharmonisan keluarga diturunkan berdasarkan penurunan konsep persepsi Goldstein (2002) dan aspek keharmonisan keluarga dari Hawari (2004). Sedangkan, alat ukur konformitas yang digunakan diturunkan berdasarkan konsep konformitas oleh Baron & Byrne (2003). Penelitian dilakukan terhadap 113 siswa SMP Terbuka Firdaus di Arcamanik. Dengan รก (taraf signifikansi) sebesar 0.05 dan p value sebesar 0,075, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang keharmonisan keluarga dengan konformitas dalam kenakalan remaja. Hal ini dapat disebabkan karena adanya faktor lain baik internal maupun eksternal pada remaja yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Download: .PDF