Abstrak RSS

TANGGUNG JAWAB HUKUM DOKTER ATAS KERUGIAN PASIEN AKIBAT KESALAHAN DIAGNOSIS DALAM PELAYANAN KESEHATAN DIDASARKAN UU NO. 29 THN 2004 TENTANG PRAKTEK KEDOKTERAN DAN UU NO. 36 THN 2009 TENTANG KESEHATAN

TANGGUNG JAWAB HUKUM DOKTER ATAS KERUGIAN PASIEN AKIBAT KESALAHAN DIAGNOSIS DALAM PELAYANAN KESEHATAN DIDASARKAN UU NO. 29 THN 2004 TENTANG PRAKTEK KEDOKTERAN DAN UU NO. 36 THN 2009 TENTANG KESEHATAN
MUHAMAD YUSUF
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Pelayanan medis merupakan unsur yang tidak dapat terpisahkan dari pelayanan kesehatan. Pada Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pelayanan medis ini dilakukan oleh dokter sebagai tenaga kesehatan. Maka itu dokter dalam menjalankan amanahnya harus sesuai dengan standar profesi. standar prosedural dan menghormati hak pasien. Tetapi faktanya, dokter dalam menjalankan tugasnya dapat melakukan kelalaian yang mengakibatkan kerugian bagi pasien akibat kesalahan diagnosa dan kelalaian tersebut dapat berujung pada gugatan pasien terhadap dokter dan rumah sakit dimana dokter tersebut bekerja. Maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan tanggung jawab dokter atas kerugian pasien berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran dan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
Pada penelitian ini digunakan sifat deskriptif analitis, untuk memperoleh gambaran menyeluruh dan sistematis tentang tanggung jawab dokter atas kerugian pasien akibat diagnosa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, yaitu penelitian yang menit kberatkan pada penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis normatif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kasus kerugian pasien sebagian besar adalah karena adanya kelalaian dokter dalam menjalankan tugasnya, kurangnya komunikasi dengan pasien dan tidak dilaksankannya standar profesi. Maka tanggung jawab perdata dokter adalah dengan diberikan sanksi disiplin dengan ganti kerugian dan secara etik .Rumah sakit pun bertanggung jawab atas semua kerugian pasien yang ditimbulkan atas kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (dokter). jawab rumah sakit dilihat dari status dokter. tanggung untuk dokter pekerja (employee) bentuk pertanggungjawaban rumah sakit adalah (vicarious labiaty) sedangkan untuk dokter tamu, bentuk pertanggungjawaban rumah sakit adalah tanggung jawab renteng (respondent liability).

Download: File Cover , File Abstrak ,