Abstrak RSS

Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten

Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten
FANI OKTAFIANTI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Fani Oktafianti, 210110090134, 2015, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten Dalam Mempromosikan Objek Wisata Desa Sawarna. Pembimbing Utama, Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom, dan Pembimbing Pendamping, Agus Setiaman, S. Sos., M.I.Kom.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten dalam mempromosikan objek wisata Desa Sawarna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten dilakukan dengan menganalisis lingkungan objek wisata Desa Sawarna, mengenali khalayak sasaran, menentukan tujuan komunikasi pemasaran, menentukan anggaran, dan memilih saluran komunikasi pemasaran. Pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan menggunakan periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat. Word of mouth communication merupakan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh masyarakat dan menjadi alat yang paling banyak dipakai oleh wisatawan. Pelaksanaan program ini dibantu oleh para stakeholder Disbupar Provinsi Banten. Evaluasi dilakukan dengan melakukan rapat evaluasi setiap bulan, triwulan, dan tahunan. Selain itu evaluasi pun dilakukan dengan melihat jumlah kunjungan wisata setiap tahun, serta berdiskusi dengan para stakeholder dan pengunjung ketika suatu event promosi berlangsung.

Kata-kata kunci: Komunikasi pemasaran, strategi, pariwisata

Download: File Cover , File Abstrak ,