Abstrak RSS

PROSES PULL STRATEGY MARKETING PUBLIC RELATIONS JASARAHARJA PUTERA ASURANSI MUDIK LEBARAN (JP-AMAN)

PROSES PULL STRATEGY MARKETING PUBLIC RELATIONS JASARAHARJA PUTERA ASURANSI MUDIK LEBARAN (JP-AMAN)
VINNY RAHMI OKTAVIOLA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

ABSTRAK
Vinny Rahmi Oktaviola, 210110110273, Program Studi Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi “Proses Pull Strategy JP-AMAN Oleh Humas PT. Jasaraharja Putera Untuk Meningkatkan Brand Awareness”, Pembimbing utama Dr. Evi Novianti, M.Si dan pembimbing pendamping Dra. Hj. Kokom Komariah, M.Si.
Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis situasi, perencanaan pull strategy, implementasi pull strategy ,serta hasil dan evaluasi proses pull strategy JP-AMAN oleh Humas PT. Jasaraharja Putera untuk meningkatkan brand awareness. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Sumber data terdiri dari: data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pusat PT. Jasaraharja Putera, Jl. TB. Simatupang Kav.1, Jakarta Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian, tahapan analisis situasi dilakukan dengan menganalisis pasar dan opini publik. Pada tahapan perencanaan humas menentukan objective yakni JP-AMAN mampu mendapat tempat di kalangan masyarakat maka dipilih lah pull strategy karena membutuhkan strategi yang langsung menyentuh end users. Pada tahap implementasi ada 6 taktik dari pull strategy yang dilaksanakan yakni : (1) Promosi, (2) Personal Touch, (3) Media Komunikasi, Media Masa, Press Relations, (4) Periklanan, (5) Event, (6) Relationship Marketing. Tahap akhir yakni mengetahui sejauh mana hasil pencapaian dan evaluasi program melalui (1) Brand Health Index, (2) Media Monitoring, (3) Survey Pihak Ketiga
Simpulan dari penelitian ini adalah PT. Jasaraharja Putera sudah mampu meningkatkan brand awareness JP-AMAN melalui proses pull strategy melalui tahapan analisis pasar dan analisis publik berlanjut pada perencanaan hingga menentukan pull strategy sebagai strategi MPR untuk meningkatkan brand awareness. Hasil dari 6 taktik yang dilaksanakan sudah sedikit mencapai target. Agar lebih baik kedepannya evaluasi dilaksanakan secara berkala.Saran pada penelitian ini analisis situasi yang dilakukan lebih rutin agar perkembangan brand awareness JP-AMAN dapat terpantau dengan baik. Selanjutnya pada tahap perencanaan perlu ditingkatkan lagi pendekatan kesadaran masyarakat. Pada tahap implementasi kegiatan media relations untuk produk JP-AMAN sebaiknya lebih ditingkatkan dan programatik. Untuk evaluasi sebaiknya menambahkan evaluasi perencanaan dan evaluasi dampak JP-AMAN.

Download: File Cover , File Abstrak ,