Abstrak RSS

Proses PR Dalam Kegiatan Sosialisasi Kenaikan Tarif Kereta Ekonomi AC PT. Kereta Api Indonesia (Persero))

Proses PR Dalam Kegiatan Sosialisasi Kenaikan Tarif Kereta Ekonomi AC PT. Kereta Api Indonesia (Persero))
ASTRY NOVARINDY
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Astry Novarindy, 210110090059. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian “Proses PR Dalam Kegiatan Sosialisasi Kenaikan Tarif Kereta Ekonomi AC Jarak Jauh oleh Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero)”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dra. Lukiati Komala Erdinaya, M.Si., sebagai pembimbing Utama dan Drs. Rosnandar Romli, M.Si., sebagai pembimbing pendamping.
Metode yang digunakan adalah metode derksiprtif dengan pendekatan kualitatif yang diuraikan menggunakan konsep proses PR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengenalan situasi, penetapan tujuan, penetapan khalayak, penggunaan media dan teknik PR, perencanaan anggaran, dan pengukuran hasil yang dilakukan public relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam kegiatan sosialisasi kenaikan tarif kereta ekonomi AC melalui media facebook.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dapat menggambarkan dan menjelaskan mengenai kondisi perusahaan, tujuannya perusahaan berusaha memberikan informasi kepada masyarakat secara jelas, khalayak yang dituju yakni pengguna jasa kereta api, media sosial facebook digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan sosialisasi kenaikan tarif kerete ekonomi AC jarak jauh, anggaran disediakan oleh perusahaan guna menunjang kinerja humas perusahaan, dan dalam pengukuran hasil perusahaan melakukan rekap berupa data dalam waktu mingguan, bulanan, dan juga tahunan.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kegiatan sosialisasi kenaikan tarif kereta ekonomi AC yang dilaksanakan oleh humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sesuai dengan perencanaan dan terlaksana dengan cukup baik, namun dari khalayak belum semuanya. Saran yang paling utama dalam hal ini yakni agar perusahaan menambah staf pengelola media sosial guna menunjang informasi yang cepat kepada publik, dan juga media yang digunakan tidak hanya melalui media sosial tetapi juga menggunakan media yang lain agar dapat terkonsumsi oleh semua khalayak khususnya pengguna jasa kereta api.

Download: File Cover , File Abstrak ,