Abstrak RSS

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PROGRAM DESA MANDIRI MENUJU DESA PERADABAN DI PROVINSI JAWA BARAT

EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PROGRAM DESA MANDIRI MENUJU DESA PERADABAN DI PROVINSI JAWA BARAT
DEDE YUSUF MACAN EFFENDI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini memfokuskan pada efektivitas Program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban di Provinsi Jawa Barat. Terjadinya permasalahan yang nampak dalam program Desa mandiri menuju desa peradaban, yaitu program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan desa menjadi pionir dalam mensejahterakan desa. Namun, hasil program tersebut pada tahun 2010 dan 2012 masih terjadi kasus-kasus yang menjerat para aparat pemerintah desa dalam mengelola dana program ini.
Konsep yang digunakan adalah konsep kebijakan dari Van Meter Van Horn, konsep ini menjelaskan efektif atau tidaknya suatu kebijakan tergantung dalam dilaksanakannya kebijakan tersebut dan memberikan pengaruh positif dan mempunyai dampak positif bagi kelompok masyarakat. Faktor-faktor untuk dapat mengimplementasikan kebijakan negara menurut yaitu: Ukuran dan tujuan kebijakan; sumber daya; Karakteristik Agen Pelaksana; Sikap Para Pelaksana; Komunikasi antar Pelaksana, dan; Lingkungan Ekonomi, Soaial dan Politik.
Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan mengambil informan dilakukan dengan purposif yaitu pemilihan informan didasarkan kepada tujuan, fungsi, dan kegunaan data yang dibutuhkan. Informan dari level BPMPD Provinsi Jawa Barat dan juga di level desa.
Implementasi Program Desa Mandiri Menuju Desa Peradaban di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut belum berjalan efektif, karena masih terdapat kekurangan dalam hal pemahaman dimensi tentang standar dan tujuan kebijakan karena tidak adanya petunjuk teknis mengenai program ini. Pendampingan yang dilakukan pemerintah daerah melalui BPMPD kepada aparat desa dilakukan hanya pada saat awal program saja, Sehingga aparat desa kurang memiliki kemampuan pengelolaan dana yang cukup besar.

Download: File Abstrak ,