Abstrak RSS

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN TAMAN KOTA DI KOTA BANDUNG (Studi di Taman Ganesha, Taman Tegalega, Taman Lansia, dan Taman Balai Kota)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN TAMAN KOTA DI KOTA BANDUNG (Studi di Taman Ganesha, Taman Tegalega, Taman Lansia, dan Taman Balai Kota)
Sintaningrum, Tomi Setiawan, dan Darto Miranda
Unhas, IAPA
Indonesia
Sintaningrum, Tomi Setiawan, dan Darto Miranda, Unhas, IAPA
, ,

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali persepsi masyarakat, khususnya pengunjung taman kota sebagai satu sikap masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Persepsi masyarakat ini menjadi penting karena dapat menjadi tahapan awal bagi penyusunan kebijakan pengelolaan taman kota yang lebih partisipatif dan berkelanjutan. dalam penelitian ini teknik pengambilan data dilakukan melaui observasi, kuesioner dan wawancara serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum persepsi masyarakat terhadap taman kota di kota Bandung cukup baik, namun tidak sedikit juga yang memiliki persepsi yang sebaliknya yang menyatakan bahwa pengelolaan taman kota tidak terpelihara dengan baik, kurang bersih dan kelengkapan tamannya belum memadai, dan pemeliharaan taman masih dilakukan secara insidental oleh instansi pengelola. Kedua, ditemukan fakta belum adanya sistem kelembagaan yang dapat mengakomodir semua stakeholder dalam pengelolaan taman kota. Oleh karena itu penting bagi pemerintah Kota Bandung untuk segera mengkaji kembali kebijakan terkait taman kota dengan mempertimbangkan program-program partisipatif dengan kebijakan yang sudah ada sehingga dapat mengidentifikasi beragam kebijakan apa saja yang memang perlu dirumuskan kembali oleh pemerintah kota Bandung.

Download: FULL TEKS