Abstrak RSS

Hubungan antara task value dan self-regulated learning pada mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami.

Hubungan antara task value dan self-regulated learning pada mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami.
Iklima Ulfah
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
,

Terdapat empat macam beliefs yang mampu mendorong pelajar untuk menerapkan strategi self-regulated learning, salah satunya yaitu task value. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hubungan antara task value dengan self-regulated learning pada mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Responden penelitian ini adalah 50 mahasiswa yang tinggal di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami yang masih aktif, angkatan 2011-2015. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data diolah dengan menggunakan uji korelasi spearman dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil korelasi diperoleh sebesar 0,650(?=0,01 ; p=0,000). Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi positif antara task value dengan self-regulated learning yang artinya semakin tinggi task value maka semakin tinggi pula self-regulated learning, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu penting mahasiswa yang tinggal di pesantren untuk memiliki nilai keberhargaan terhadap tugas. Semakin tugas dianggap berharga, maka mereka akan semakin meregulasi dirinya untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan pembelajaran.

Download: .Full Papers