Abstrak RSS

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI KABUPATEN WONOGIRI

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL DI KABUPATEN WONOGIRI
KARNADI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan implementasi kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal di Kabupaten Wonogiri. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif teori Mazmanian dan Sabatier. Informan penelitian terdiri dari Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Wonogiri, Sekretaris Daerah Pemda Kabupaten Wonogiri, Kepala Badan Kesejahteraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Wonogiri, Kepala Bagian Hukum Pemda Kabupaten Wonogiri, Peneliti Konsultan Wonogiri, dan Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal di Kabupaten Wonogiri arahnya adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pangan dari hulu dan hilir. Untuk mengembangkan implementasi kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan lokal tersebut masih terbatas pada anggaran. Dimana kebijakan daerah belum sepenuhnya mendorong pangan lokal. Bahwa kebijakan ketahanan pangan di Kabupaten Wonogiri hanya mampu menjalankan tupoksi dan petunjuk teknis. Arah kebijakan ketahanan pangan masih berjalan sendiri-sendiri tidak terintegrasi, bahwa kebijakan tersebut belum sepenuhnya dijalankan.
Kebijakan yang ditetapkan sebagai acuan yang harus dijadikan pedoman dalam merumuskan implmentasi kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan di Kabupaten Wonogiri adalah sebagai berikut : 1). Karakteristik masalah, 2). Karakteristik kebijakan, dan 3). Lingkungan kebijakan.

Download: File Cover ,