Abstrak RSS

Rancangan Intervensi Untuk Mengubah Subjective Control Dan Subjective Value Pada Mahasiswa Dengan Tingkat Engagement Pada Aktivitas Pengerjaan Skripsi Yang Rendah.

Rancangan Intervensi Untuk Mengubah Subjective Control Dan Subjective Value Pada Mahasiswa Dengan Tingkat Engagement Pada Aktivitas Pengerjaan Skripsi Yang Rendah.
Rika Dwi Agustiningsih, Dr. Surya Cahyadi, M.Psi., Psikolog, Dra. Erna Susiati, M.Pd.
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , , , , , ,

Penelitian ini terdiri dari dua studi, yang pertama adalah melakukan studi asesmen untuk menentukan faktor penyebab munculnya permasalahan mahasiswa dalam pengerjaan skripsi berdasarkan kerangka konsep control-value theory. Penenlitian ini menggunakan analisis deskriptif yang diperoleh melalui kuesioner yang terdiri dari beberapa variabel untuk mengukur “Engagement Mahasiswa dalam Pengerjaan Skripsi”. Analisis data penelitian menggunakan studi deskriptif dan inferensial untuk mendapatkan gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai kebutuhan yang digunakan sebagai dasar pembuatan rancangan pada studi selanjutnya. Subjek dalam penelitian merupakan mahasiswa di setiap angkatan yang sedang mengambil mata kuliah skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Hasil penelitian pada studi pertama menunjukkan bahwa tingkat engagement mahasiswa yang rendah pada aktivitas pengerjaan skripsi dipengaruhi oleh emosi negatif. Emosi negatif yang muncul terhadap aktivitas dan hasil pengerjaan skripsi dipengaruhi oleh subjective control dan value (intrinsic value). Berdasarkan hasil tersebut, maka rancangan intervensi yang disusun berupa konseling individu untuk mengubah penilaian mahasiswa pada subjective control dan subjective value yang akan mengubah emosi mahasiswa selama mengerjakan skripsi menjadi lebih positif, konsekuensi dari perubahan ini adalah perubahan terhadap engagement mahasiswa pada aktivitas pengerjaan skripsi, terutama pada pengerahan sumber daya kognitif dan usahanya.

This study consists of two studies, the first is to conduct an assessment study to determine the factors causing the emergence of student problems in thesis work based on the concept of control-value theory framework. This study using descriptive analysis obtained through a questionnaire consisting of several variables to measure “Student Engagement in Thesis Activity”. Analysis of research data using descriptive and inferential studies to get a systematic, factual, and accurate description of the needs used as the basis for making the design in the next study. Subjects in the study are students in every generation who are taking a thesis course in the Faculty of Psychology Padjadjaran University. The results of the first study showed that the low level of student engagement on thesis activities is influenced by negative emotions. Negative emotions that appear to the activity and the result of thesis work is influenced by subjective control and value, particularly intrinsic value. Based on these results, this interventions is designed with individual counseling to change student ratings on subjective control and subjective value that will change students’ emotions while doing thesis become more positive, the consequences of this treatment is the change of student engagement on thesis activities, especially on deployment of cognitive resources and efforts.

Download: .Full Papers