Abstrak RSS

Inovasi Proses Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Akreditasi International Di Perguruan Tinggi Indonesia

Inovasi Proses Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Akreditasi International Di Perguruan Tinggi Indonesia
Yudi Azis, S.E,S.Si.,S.Sos.,M.T.,Ph.D, Merita Bernik, S.Si, M.T., Layyinaturrobaniyah, SE.,M.Si
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, ,

Dewasa ini banyak Perguruan Tinggi Indonesia yang berupaya untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikannya dengan berorientasi pada program internasionalisasi. Dikarenakan jumlah perguruan tinggi yang banyak dengan tingkat kualitas yang beragam, maka sebagai suatu upaya dalam memudahkan penilaian kualitas pendidikan digunakan akreditasi internasional. Saat ini untuk bidang manajemen terdapat tiga bentuk akreditasi internasional yang banyak dijadikan acuan oleh para penggiat pendidikan serta diakui sebagai suatu media untuk penilaian kualitas program studi di Perguruan tinggi yaitu: Abest21 yang berafiliasi di Jepang, Equist yang berafiliasi di Eropa, serta AACSB yang berafiliasi di USA. Studi ini bertujuan untuk mempelajari dan menyelidiki upaya-upaya yang dilakukan serta inovasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui akreditasi internasional sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di Program studi Perguruan Tinggi Indonesia. Secara umum metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metoda kualitatif. Metoda kualitatif dengan pendekatan case study dan in-depth interview dilakukan untuk mempelajari bagaimanakah tahapan dalam mengembangkan program internasionalisasi program studi di perguruan tinggi Indonesia, khususnya belajar dari Perguruan Tinggi yang telah memiliki program studi yang telah terakreditasi internasional. Diharapkan dari penelitian ini dapat bermanfaat sebagai sarana dalam memahami fenomena internasionalisasi perguruan tinggi dan inovasi yang dilakukannya dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya belajar dari Perguruan Tinggi Indonesia yang telah memiliki akreditasi internasional. Selain itu penelitian ini dapat berkontribusi dalam menggali dan memahami factor kunci keberhasilan serta dalam mendapatkan gambaran dan model (Stage based model) sebagai suatu tahapan sequential yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi dalam peningkatan kualitas pendidikannya sebagai sebuah model incremental innovation process.

Download: .Full Papers