Abstrak RSS

Model Manajemen Inovasi Berbasiskan Keunikan Lokal Pada Industri Kreatif Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Kota Bandung (Tahun Ke 1 Dari Rencana 2 Tahun)

Model Manajemen Inovasi Berbasiskan Keunikan Lokal Pada Industri Kreatif Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Kota Bandung (Tahun Ke 1 Dari Rencana 2 Tahun)
Yudi Azis, S.E,S.Si.,S.Sos.,M.T.,Ph.D, Prof. Dr. Dwi Kartini, S.E, Spec. Lict, Merita Bernik, S.Si, M.T., Budi Harsanto, SE.,MM
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor kunci dan menyusun pola sequence dalam proses inovasi (innovation process pattern) berdasarkan best practices yang berbasiskan lokal wisdom sebagai sebuah model yang dibangun untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung. Dalam penelitian ini ada tiga target khusus yang ingin dicapai : (1) Untuk mengetahui bukti empiris terkait data primer dan data sekunder serta hasil pemetaan terkait inovasi industri kreatif Kota Bandung, (2) Untuk mengidentifkasi faktor-faktor keberhasilan kunci yang berbasiskan lokal wisdom dalam pembangunan daya saing industri kreatif kota Bandung, (3) Untuk menyusun pola sequence bagi suatu proses inovasi (innovation process pattern) yang berbasiskan lokal wisdom sebagai sebuah model yang dibangun untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung. Adapun tahapan penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Studi Pendahuluan (Pra Survey) atas lokasi dan produk industri kreatif untuk memetakan best practices industri kreatif kota Bandung, (2) Survey lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan pengisian kuesiner untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama dalam keberhasilan melakukan proses inovasi pada industri kreatif di kota Bandung. (3) Menganalisa faktor-faktor keberhasilan kunci yang berbasiskan lokal wisdom dalam pembangunan daya saing industri kreatif kota Bandung. (4) Menyarikan dan merancang model pola-pola proses inovasi (innovation process pattern) yang berbasiskan lokal wisdom untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung. (5) Melakukan pilot project untuk implementasi model innnovation process pattern di suatu industry kreatif tertentu kota Bandung. (6) Mempatenkan model innnovation process pattern dan meleverage pada skala yang lebih luas. Rencana kegiatan dimulai dari Studi literatur untuk mendapatkan teori atau konsep, model maupun komponen yang relevan dengan masalah penelitian beserta metodologinya, termasuk best pratices yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung. Dilanjutkan dengan Studi pendahuluan, untuk mendapatkan informasi tentang komponen-komponen yang perlu dirumuskan dalam mengidentifikasi pola-pola inovasi pada industry kreatif, pengumpulan data lapangan, identifikasi faktor-faktor kunci, dan seterusnya sampai dengan pembuatanlaporan dan implementasi model.

Download: .Full Papers