Abstrak RSS

Model Manajemen Inovasi Pada Industri Kreatif Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Kota Bandung (Tahun Ke 2 Dari Rencana 2 Tahun)

Model Manajemen Inovasi Pada Industri Kreatif Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Kota Bandung (Tahun Ke 2 Dari Rencana 2 Tahun)
Yudi Azis, S.E,S.Si.,S.Sos.,M.T.,Ph.D, Prof. Dr. Dwi Kartini, S.E, Spec. Lict, Merita Bernik, S.Si, M.T., Budi Harsanto, SE.,MM
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran

Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor kunci dan menyusun model pengembangan manajemen inovasi berdasarkan pola sequence dalam proses inovasi (innovation process pattern). Hal ini didapatkan dari analisa best practices yang berbasiskan lokal wisdom sebagai sebuah model yang dibangun untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung. Secara lebih spesifik ada tiga tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengetahui bukti empiris terkait data primer dan data sekunder serta hasil pemetaan terkait inovasi industri kreatif Kota Bandung, (2) Untuk mengidentifkasi faktor-faktor keberhasilan kunci yang berbasiskan lokal wisdom dalam pembangunan daya saing industri kreatif kota Bandung, (3) Untuk menyusun pola sequence bagi suatu proses inovasi (innovation process pattern) yang berbasiskan lokal wisdom sebagai sebuah model yang dibangun untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung. Adapun tahapan penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut: (1) Studi Pendahuluan (Pra Survey) atas lokasi dan produk industri kreatif untuk memetakan best practices industri kreatif kota Bandung, (2) Survey lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dengan teknik triangulasi untuk mengidentifikasi faktor-faktor utama dalam keberhasilan melakukan proses inovasi pada industri kreatif di kota Bandung. (3) Menganalisa faktor-faktor keberhasilan kunci yang berbasiskan lokal wisdom dalam pembangunan daya saing industri kreatif kota Bandung. (4) Menyarikan dan merancang model pola-pola proses inovasi (innovation process pattern) yang berbasiskan lokal wisdom untuk mengakselerasi daya saing industri kreatif kota Bandung.

Download: .Full Papers