Abstrak RSS

Konstruksi Anak Ideal pada Iklan Bebestar

Konstruksi Anak Ideal pada Iklan Bebestar
DIMAS MEDIARTO
Unpad
Indonesia
Unpad

ABSTRAK

Dimas Mediarto, 210111090088, 2009. “Konstruksi Anak Ideal pada iklan bebestar”. Komisi Pembimbing Dr. Eni Maryani, Dra., M.Si selaku Pembimbing Utama dan Drs. Slamet Mulyana selaku Pembimbing Pendamping. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi realitas pada iklan Bebestar dalam tataran denotasi dan konotasi dan untuk mengetahui mitos yang muncul dalam iklan Bebestar. Peneliti berusaha mengetahui konstruksi realitas yang digambarkan pada iklan Bebestar melalui tiga level analisis semiotik Roland Barthes.
Tiga level analisis dari Semiotik Roland Barthes (denotatif, konotatif dan mitos) ini bertujuan untuk membaca relasi makna dari tanda-tanda yang terdapat pada iklan Bebestar tersebut. Hingga akhirnya dapat ditemukan konstruksi realitas yang digambarkan pada iklan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara tak langsung iklan bebelac tersebut mengkonstruksi sebuah realitas anak-anak pun bisa menjadi seorang bintang dengan kemampuan yang seadanya, dengan bakat yang terbilang minim namun jika bakat tersebut disalurkan melalui perantara yang benar yaitu event bebestar 2011 maka bakat tersebut bisa membuatnya menjadi seorang bintang.mitos yang seringkali ditanamkan oleh orang tua semasa anaknya masih kecil bahwa sukses itu tidak hanya menjadi dokter, presiden, tentara, ataupun kerja di kantor namun dengan memaksimalkan bakat seni seperti gambaran dalam iklan bebelac yaitu menari, menyanyi dan main alat musik juga bisa membuat semua orang (termasuk anak-anak) menjadi bintang dan sukses.

ABSTRACT

Dimas Mediarto, 210111090088, 2009. "Construction Ideal Child on bebestar advertisment". Commission Advisor Dr. Eni Maryani, Dra., M.Si as Main Supervisor and Drs. Slamet Mulyana as Supervising Companion. Department of Management Communication, Faculty of Communication, University of Padjadjaran.
The purpose of this study is to investigate the construction of reality in Bebestar advertisement the level of denotation and connotation, and to know the myths that appear in the ad Bebestar. Researchers trying to determine the construction of reality depicted in advertising Bebestar through three levels of semiotic analysis of Roland Barthes.
Three levels of analysis of Roland Barthes Semiotics (denotative, connotative and myth) aims to read the relation of meaning of the signs contained in the advertisement Bebestar. Until the construction of reality ultimately may be found described in the ad.
The results of this study indicate that indirect advertising bebelac is constructing a reality of children can be a star with the ability to improvise, with fairly minimal talent but if the talent is channeled through the proper intermediaries bebestar event 2011, that talent can make it become a star. Myth often instilled by parents during their children were little that success is not only a doctor, president, soldier, or work in an office, but to maximize the talent of art like the picture in the ad bebelac, ie dancing, singing and playing musical instruments as well can make everyone (including children) to be a star and successful.

Download: File Cover , File Abstrak ,