Abstrak RSS

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PETERNAK DENGAN PERILAKU KOMUNIKASI PETERNAK KERBAU. (Kasus di Kelompok Peternak Kerbau Desa Sukanegara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang)

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PETERNAK DENGAN PERILAKU KOMUNIKASI PETERNAK KERBAU. (Kasus di Kelompok Peternak Kerbau Desa Sukanegara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang)
FLESIA GLADIOLLA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di Kelompok Ternak Desa Sukanegara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik peternak kerbau, perilaku komunikasi peternak kerbau, dan hubungan antara karakteristik peternak dengan perilaku komunikasi peternak kerbau. Metode penelitian ini adalah metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 25 orang peternak yang ditentukan berdasarkan total random sampling. Analisis data menggunakan uji kolerasi Rank Spearman(rs). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Karakteristik peternak kerbau yaitu sebagian besar berumur dewasa awal (15-40), tingkat pendidikan formal termasuk kategori sedang (SMP), pengalaman beternak termasuk kategori sedang (5-10 tahun), jumlah kepemilikan ternak pada skala kecil 1-5 ekor; 2) Tingkat perilaku komunikasi peternak kerbau di kelompok peternak Desa Sukanegara tergolong kategori sedang (64%). Perilaku komunikasi peternak sudah cukup baik dalam cakupan pencarian informasi, kontak personal atau komunikasi interpersonal dengan sesama anggota sistem sosial, dan keterdedahan pada media massa; 3) Karakteristik peternak yang mempunyai hubungan rendah tapi pasti dengan perilaku komunikasi adalah umur, tingkat pendidikan formal, dan jumlah kepemilikan ternak, dengan nilai koefisien korelasi Rank Spearman (rs) berturut-turut 0,401, 0,204, dan 0,314. Tingkat pengalaman beternak memiliki hubungan yang negatif dengan nilai Rank Spearman (rs) -0,410.