Abstrak RSS

Preservasi Naskah Kuno sebagai Upaya Pembangunan Knowledge Management: (Studi Kegiatan Preservasi Naskah Kuno oleh Masyarakat sebagai Upaya Pembagunan Knowledge Management)

Preservasi Naskah Kuno sebagai Upaya Pembangunan Knowledge Management: (Studi Kegiatan Preservasi Naskah Kuno oleh Masyarakat sebagai Upaya Pembagunan Knowledge Management)
Sukaesih, Yunus Winoto, Agus Rusmana, Nuning Kurniasih
Universitas Padjadjaran, Record And Library Journal Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2016, e-ISSN 2442-5168
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Record And Library Journal Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2016, e-ISSN 2442-5168
, , , , ,

Kabupaten Garut adalah merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat yang memiliki potensi warisan budaya yang sangat menarik. Salah satu peninggalan budaya yang ada di Kabupaten Garut yaitu adalah berupa situs naskah-naskah kuno (manuskrip). Berkaitan dengan keberadaan naskah kuno di Kabupaten Garut dari sekian banyak naskahnaskah kuno hanya sebagian kecil saja yang sudah tercatat dan tersimpan di museum, sedangkan sebagian besar lagi belum tercatat dan masih disimpan oleh anggota masyarakat. Untuk menjaga warisan budaya ini tetap hidup dan berguna bagi generasi yang akan datang maka perlu adanya kepedulian dari semua anggota masyarakat dan ini adalah sebagai salah satu upaya dalam membangun manajemen pengetahuan. Tujuan utama manajemen pengetahuan adalah mendorong keberlanjutan pengetahuan di dalam suatu organisasi atau masyarakat, sehinga diharapkan pengetahuan tersebut tidak akan berhenti pada orang yang memiliki pengetahuan tersebut, namun bisa diakses dan dipelajari oleh orang lain yang memerlukannya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode campuran (mix method) dengan teknik pengum-pulan data berupa angket, wawancara, observasi lapangan serta melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sebagian anggota masyarakat yang menyimpan naskah kuno dalam melestarikan naskah kuno masih dilakukan secara sederhana yakni dengan cara menyimpan di tempat bersih dan kering serta pada waktu-waktu tertentu membersihkan debu dan kotoran yang menempel di naskah kuno tersebut. Mengenai kesadaran anggota masyarakat yang memiliki naskah kuno untuk melaporkan kepemilikan naskah kuno pada pihak pemerintah pada umumnya masih rendah, Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran jika naskah kuno yang mereka miliki harus diserahkan pada pihak pemerintah.

Garut is one district in West Java province which has the potential of cultural heritage which is very interesting. One of the cultural heritage in Garut which is be the site of ancient manuscripts (manuscripts). Relating to the existence of ancient manuscripts in Garut regency of the many ancient texts only a small portion that has been recorded and stored in the museum, while most have not been registered again and was saved by members of the public. To keep this heritage alive and useful for future generations hence the need for awareness of all members of society and this is one of the efforts in building knowledge management. The main purpose of knowledge management is to encourage sustainability knowledge within an organization or society, so expected that knowledge will not stop the people who have the knowledge, but can be accessed and studied by others who need them. In this research method used is the method mix (mix method) with pengum-gathering techniques of data in the form of questionnaires, interviews, observation and through the study of literature. The results showed that of most members of the community that holds the codex in preserving ancient manuscripts which are still done simply by storing in a clean and dry at certain times to clean dust and dirt on the manuscript. Regarding the awareness of community members who have an ancient manuscript codex to report ownership to the government in general remains low, This is because of concerns that they have ancient manuscripts must be submitted to the government.

Download: .Full Papers