Abstrak RSS

Hubungan Antara Informasi pada Akun Instagram @gnfi dengan Sikap Followers Aktif Mengenai Citra Indonesia

Hubungan Antara Informasi pada Akun Instagram @gnfi dengan Sikap Followers Aktif Mengenai Citra Indonesia
HANA WIDYA ANANTA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

ABSTRAK

Hana Widya Ananta, 210110130356, 2017, “Hubungan Antara Informasi pada Akun Instagram @gnfi dengan Sikap Followers Aktif Mengenai Citra Indonesia”. Di bawah bimbingan Dr. Dadang Sugiana,M.Si. sebagai pembimbing pertama dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom. sebagai pembimbing kedua. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi hubungan antara informasi yang dibagikan akun instagram @gnfi yang meliputi valensi informasi dan bobot informasi dengan sikap followers aktif mengenai citra Indonesia. Penelitian ini menggunakan Teori Integrasi Informasi dari Martin Fishbein.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi Rank Spearman. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada followers aktif akun instagram @gnfi selaku responden, wawancara dan studi kepustakaan. Responden ditentukan menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah sebanyak 284 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa valensi informasi dan bobot informasi pada akun instagram @gnfi memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap followers aktif mengenai citra Indonesia.

Kata Kunci : Informasi, valensi informasi, bobot informasi, teori integrasi informasi, Fishbein, instagram, sikap

Download: File Cover , File Abstrak ,