Abstrak RSS

Strategi Pesan Persuasi Endorser Google Student Ambassador Dalam Mengenalkan Google Apps for Education

Strategi Pesan Persuasi Endorser Google Student Ambassador Dalam Mengenalkan Google Apps for Education
HESTY EKA YULIANTIE
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Hesty Eka Yuliantie, 210110110120. Skripsi ini berjudul “Strategi Pesan Persuasi Endorser Google Student Ambassador dalam mengenalkan Google Application for Education”. Pembimbing utama Trie damayanti, S.Sos,. M.Si dan pembimbing pendamping Heru Ryanto Budiana, S.Ag., M.Si. Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Penelitian ini bertujuan utnuk mengetahui tahapan perencanaan pesan persuasi. Penelitian ini menggunakan konsep The Step approach to Message Design and Testing (SatMDT). Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan jenis studi eksploratif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan pasif, studi kepustakaan dan angket menggunakan teknik pengumpulan informan dengan purposive sampling dan teknik pengumpulan responden dengan Proportional Stratified Sampling. Teknik analisis data menggunakan mixed method sedangkan teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa Google Student Ambassador melakukan tahapan SatMDT yang terdiri dari Pre-existing Individual Characteristics dengan, Message-related Characteristics, Individual Responses dan Message Outcomes. 1) Pre-existing Individual Characteristics yang dilakukan oleh Google Students Ambassador membentuk kerjasama dengan bagian DCISTEM serta BEM fakultas untuk berkoordinasi dan melihat karakteristik audiens, menyebarkan form pendaftaran online awal untuk melihat antusias mahasiswa dan mahasiswi terhadap kegiatan tersebut, memunculkan keyakinan dominan dengan mengelisitasi konsekuensi positif dan atau negatif serta dengan adanya penekanan respon efikasi kepada audiens. 2) Message- related Characteristics, fokus dan konten dari pesan persuasif Google Students Ambassador di susun berdasarkan daya tarik perusahaan dengan konsep fun, penerapan tips and trick serta encouragement kepada mahasiswa menyesuaikan dengan kepentingan setiap fakultas dengan didukung oleh penerapan modelling of behaviour. 3) Individual Response yang terbentuk menunjukkan masih minimnya respon dari audiens dengan masih rendahnya penggunaan GAFE hingga tahun 2017. 4) Message Outcome menunjukkan bahwa pesan persuasi belum diterima dengan baik di kalangan mahasiswa dan pesan persuasi masih belum menyebar secara rata kepada seluruh audiens.

Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Google Student Ambassador telah melakukan seluruh tahapan strategi pesan persuasi kepada audiens. Peneliti menyarankan agar Google Student Ambassador sebagai endorsers perlu mengevaluasi isi pesan dan meningkatkan intensitas kegiatan agar menjangkau seluruh audiens dan pentingnya melakukan audiens analysis agar pesan pun dapat diterima sesuai dengan karakteristik audiens.

Download: File Cover , File Abstrak ,