Abstrak RSS

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PRODUKSI BERITA DI KOMPAS.COM

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PROSES PRODUKSI BERITA DI KOMPAS.COM
SURYA LAILI ISLAMI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Surya Laili Islami, 210110130367, 2017. Skripsi dengan judul “Penerapan Teknologi Informasi dalam Proses Produksi Berita di Kompas.com. Studi Kasus Eksplanatoris Penerapan Google Analytics 360 Suite Proses Produksi Berita di Di Media Massa Dalam Jaringan Kompas.com”. Pembimbing utama Dr. H. Aceng Abdullah, Drs., M.Si dan pembimbing pendamping Ipit Zulfan, S.Sos., M. I. Kom.
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan Google Analytics 360 Suite di Kompas.com sebagai teknologi penunjang proses produksi berita. Subjek penelitian adalah tiga orang pengguna utama Google Analytics 360 Suite di ruang kerja Kompas.com. Objek penelitian ini adalah proses penerapan teknologi Google Analytics 360 Suite di Kompas.com.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatoris Robert K. Yin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengemukakan, sebagai teknologi analisis pelaksanaan pemasaran, Kompas.com menerapkan Google Analytics 360 Suite sebagai teknologi penunjang tugas jurnalis. Dalam proses penerapannya, teknologi tersebut telah mencapai tahap keberakhiran dan stabilisasi –sesuai dengan teori social construction of technology (SCOT)- yang membuat perannya dalam proses produksi berita berjalan sesuai harapan Kompas.com.
Namun, Kompas.com sebaiknya melaksanakan pelatihan rutin terkait Google Analytics 360 Suite karena sumber daya manusia di ruang-ruang kerja terkait tidak selalu diisi oleh orang yang sama. Sehingga ada kebutuhan kesetaraan brainware yang harus dipenuhi. Dengan penyesuaian yang tepat, teknologi ini dapat diterapkan di media massa daring lain dengan kebutuhan yang berbeda.

Download: File Cover , File Abstrak ,