Abstrak RSS

PROSES REBRANDING MAJALAH KAWANKU MENJADI CEWEKBANGET.ID

PROSES REBRANDING MAJALAH KAWANKU MENJADI CEWEKBANGET.ID
SHAFIERA RACHMA KARMITA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui proses repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching Cewekbanget.id yang dulunya merupakan majalah KaWanku. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif dengan penyajian data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Kompas Gramedia Majalah, yang bertempat di Jl. Panjang No. 8a, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa majalah KaWanku dalam melakukan proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, repositioning, dengan melakukan perluasan target pasar dan perubahan platform media menjadi digital. Kedua, renaming, yang semula menggunakan nama KaWanku menjadi Cewekbanget.id. ketiga, redesigning elemen tangible dan visual lainnya, seperti logo, design website, dan media sosial. Keempat, relaunching konsep dan brand baru berupa publikasi secara implisit kepada publik.
Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan target audience dan juga perubahan platform media yang menjadi fokus rebranding direncanakan dengan matang. Pada tahap renaming dan redesigning yang berupa perubahan nama, logo dan design disesuaikan dengan baik berdasarkan konsep baru media. Namun, pada tahap relaunching yang menjadi akhir dari proses rebranding belum optimal, dikarenakan masih banyak publik yang belum mengetahui proses rebranding Cewekbanget.id tersebut.
Saran yang diberikan oleh peneliti adalah pelaksanaan rebranding ini akan lebih maksimal dengan fokus kepada perencanaan dalam mengadakan event launching khusus untuk mendapatkan feedback dari pembaca mengenai tranformasi ini.

Download: File Cover , File Abstrak ,