Abstrak RSS

Interpretasi Khalayak terhadap Kekerasan Seksual dalam Serial TV “Game of Thrones”

Interpretasi Khalayak terhadap Kekerasan Seksual dalam Serial TV “Game of Thrones”
ADELLA VIRA ANDIESTA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Adella Vira Andiesta 210110130444, 2017. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini berjudul “Interpretasi Khalayak terhadap Kekerasan Seksual dalam Serial TV Game of Thrones, Studi Kualitatif Analisis Resepsi Khalayak terhadap Kekerasan Seksual dalam Serial TV Game of Thrones”. Pembimbing utama Dr. Atwar Bajari.,M.Si. dan pembimbing pendamping Dr. Iwan Koswara.,M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku menonton khalayak, (2) rumusan makna produsen teks, (3) pembacaan khalayak, dan (4) kerangka pengetahuan khalayak yang mendasari pembacaan terhadap kekerasan seksual dalam serial TV Game of Thrones. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis resepsi model Encoding-Decoding dari Stuart Hall. Objek penelitian dari penelitian ini adalah serial TV Game of Thrones dan informan dari penelitian ini adalah khalayak penonton serial TV Game of Thrones.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku menonton khalayak beragam. Rumusan makna produsen teks mengenai kekerasan seksual dapat disimpulkan menjadi delapan poin. Pembacaan khalayak menghasilkan ketiga posisi pembacaan yakni dominant-hegemonic, negotiated, dan oppositional reading. Kerangka pengetahuan khalayak yang mendasari pembacaan terdiri dari aspek keyakinan, nilai-nilai sosio kultural, serta latar belakang pendidikan.
Saran dari penelitian ini adalah agar (1) produsen teks media melakukan riset khalayak dalam menentukan konten media, dan (2) kajian mengenai analisis resepsi maupun penelitian dengan metode analisis resepsi untuk lebih ditingkatkan.

Download: File Cover , File Abstrak ,