Abstrak RSS

Pengaruh Penerapan Sistem Mentor Terhadap Pencapaian Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Mahasiswa Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon (Suatu Studi Eksploratif di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon)

Pengaruh Penerapan Sistem Mentor Terhadap Pencapaian Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Mahasiswa Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon (Suatu Studi Eksploratif di Akademi Kebidanan Muhammadiyah Cirebon)
Nurhasanah, Endang Sutedja, Farid Husin, Dany Hilmanto, Firman F. Wirakusumah, Herman Susanto, Hadyana Sukandar, Tita Husnitawati Madjid
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pelayanan Kebinanan (Indonesia Journal Of Education and Midwifery Care) ISSN : 2407-1951 Volume 1, Nomor 1, Desember 2014
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dan Pelayanan Kebinanan (Indonesia Journal Of Education and Midwifery Care) ISSN : 2407-1951 Volume 1, Nomor 1, Desember 2014
, , , , , ,

Sesuai dengan Kepmendiknas nomer 232/U/2000, kurikulum pendidikan diploma kebidanan terdiri dari 40 % teori dan 60 % praktik, sehingga proporsi praktik lebih banyak. Sistem pembelajaran praktik klinik kebidanan yang selama ini berjalan terbukti belum mampu meningkatkan keterampilan klinik mahasiswa untuk itu diperlukan pengelolaan pembelajaran praktik klinik yang efektif dan efisien. Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara mentoring dengan pengembangan karir, pengembangan keterampilan, serta memberikan nilai tambah pada pelaksanaan rencana ekuitas. Tujuan penelitian ini adalah penerapan sistem mentor pada pendidikan kebidanan dapat meningkatkan keterampilan klinik mahasiswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan penelitian quasi experiment dengan post test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling dengan subjek penelitian mahasiswa Akbid Muhammadiyah Cirebon yang mengikuti PKK I gelombang I, berjumlah 34 orang, pembimbing klinik 11 orang, pembimbing akademik sebanyak 8 orang, sehingga total sampel berjumlah 53 orang. Analisis kesetaraan responden dilakukan dengan uji chi-kuadrat, analisis bivariabel dengan uji Mann Whitney untuk menilai perbedaan penilaian terhadap sistem mentor dan sistem koordinator, uji t untuk menilai perbedaan keterampilan mahasiswa, dan analisis multivariabel dengan regresi logistik untuk menilai pengaruh penerapan sistem mentor terhadap pencapaian keterampilan klinik mahasiswa.Hasil penelitian keterampilan mahasiswa dalam asuhan persalinan dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada sistem mentor 77,76 dibandingkan sistem koordinator dengan nilai rata-rata 68,94 (p<0,001). Variabel sistem mentor mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap pencapaian keterampilan klinik dengan nilai RR 28,433. Simpulan hasil penelitian, sistem mentor dinilai lebih baik dalam pencapaian keterampilan klinik mahasiswa. Sistem mentor berpengaruh 28 kali terhadap pencapaian keterampilan klinik mahasiswa. According to Kepmendiknas number 232/U/2000, midwifery diploma education curriculum consists of 40 % and 60 % practice theory, clinical practice of midwifery education system during the process of running hasn’t been able to increase the skills of proven clinical students, therefore still needed in managing the clinic practice learning effectively and efficiently. The purpose this research needs to be done so that it can improve the skills of the student clinic. Method this research was an analytical research with a quasi experiment research design and post test only control group design. The subject is a student of Akbid following the PKK Cirebon Muhammadiyah I Batch I, totalling 34 people, clinic supervisor is the 11th person, academic supervisor as many as 8 people, so the total overall sample amount to 53 people. Analysis of equivalence of respondents was conducted with chi-squared test, analysis bivariabel with test Mann Whitney test for Measuring difference between assessment of academic and clinic coaching towards mentor system and coordinator, t-test for measuring difference assessment the skills of the student clinic, Multivariable analysis by regression logistics for analysis influence of mentoring system towards Students’ clinical skill of laboraverage care. The results showed that there were regarding the assessment of students ' skills in the care delivery with average values higher in the system between the group of mentors and systems coordinator at 77.76 with an average value of 68.94 (p<0.001) and application of the learning mentor's system was the most powerful factor with RR 28,433. Conclusion the results of the research, there was a positive influence between the application of the system of learning with achievement skill clinic mentor students in the care of labo, and the mentor system assessment can improve students skills clinic 28 greater than the system coordinator. Thus the application of the system of mentors is extremely helpful in learning the practice of midwifery clinic

Download: .Full Papers