Abstrak RSS

Preferensi dan Tingkat Kepuasan Peternak Anggota terhadap Pakan Konsentrat Mako Super (Survei di KSU Tandangsari, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat)

Preferensi dan Tingkat Kepuasan Peternak Anggota terhadap Pakan Konsentrat Mako Super (Survei di KSU Tandangsari, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat)
Giovis Sigfredo C
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Putra Saluyu dan Kelompok Putra Sari, Dusun Lebak Bitung dan Dusun Cipelah di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang dipertimbangkan oleh peternak KSU dalam membeli konsentrat Mako Super di KSU Tandangsari dan preferensi peternak anggota KSU terhadap penggunaan konsentrat Mako Super di KSU Tandangsari dan tingkat kepuasan peternak anggota KSU terhadap konsentrat Mako Super di KSU Tandangsari. Objek penelitian ini ialah data preferensi dan tingkat kepuasan peternak anggota KSU Tandangsari Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Metode yang digunakan ialah metode survei dengan responden sebanyak 40 orang. Teknik penentuan responden menggunakan two stage cluster sampling. Model analisis yang digunakan ialah Uji cochran Q test, uji preferensi dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: atribut yang menjadi pertimbangan peternak anggota KSU Tandangsari dalam penggunaan pakan konsentrat Mako Super adalah harga, tekstur pakan, kemasan pakan, ketersediaan pakan, palatabilitas ternak, pengaruh konsentrat terhadap kualitas susu, pengaruh konsentrat terhadap kuantitas susu dan daya tahan. Tingkat preferensi peternak terhadap konsentrat Mako Super berada pada kategori “suka”, berdasarkan kepuasan konsumen dengan menggunakan Importance Performance Analysis (IPA), atribut yang menunjukkan kepentingan dan kepuasan yang tinggi ialah palatabilitas ternak, daya tahan dan ketersediaan pakan.