Abstrak RSS

Rancangan Intervensi Berbasis Kelompok Dengan Pendekatan Life Development Intervention untuk Membangun Coping Yang Fugngsional Pada Caregiver Pasien Dengan Dimensia Alzheimer.

Rancangan Intervensi Berbasis Kelompok Dengan Pendekatan Life Development Intervention untuk Membangun Coping Yang Fugngsional Pada Caregiver Pasien Dengan Dimensia Alzheimer.
Reksha
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , ,

Menjadi caregiver bagi pasien Alzheimer memiliki konsekuensi negatif bagi individu yang menjalankannya. Caregiver biasanya menjalankan peran mereka dengan minim pengetahuan mengenai penyakit Alzheimer dan apa yang seharusnya mereka lakukan dalam merawat. Dan semakin berat beban yang akan dijalan seiring dapat menjadi salah satu sumber stress. Banyak peneliti yang telah mengembangkan intervensi yang dilakukan secara individual untuk mengatasi stres yang dialami caregiver. Sementara intervensi berbasis kelompok masih jarang ditemukan terutama di Indonesia. Beberapa penelitian berbasis kelompok menunjukan hasil bahwa penggunaan kelompok dapat menurunkan tingkat stress dan memberikan banyak keuntungan baik bagi caregiver maupun pasien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyusun rancangan yang tepat dalam mengembangkan coping yang fungsional untuk mengatasi permasalahan yang dialami caregiver seperti yang ditemukan pada hasil asesmen kebutuhan, yaitu kurangnya informasi caregiver mengenai penyakit Alzheimer dan pemahaman mengenai tugas mereka sebagai caregiver. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi selama lebih kurang 1 tahun terhadap lebih kurang 30 caregiver. Dan mewawancai lebih kurang 4 caregiver dengan menggunakan transactional model of stress dari Lazarus dan Folkman. Berdasarkan hasil asesmen kebutuhan, disusun rancangan intervensi dengan menggunakan metode group discussion dengan pendekatan life development intervention. Intervensi dilakukan dengan tujuan memberikan informasi dan pengetahuan mengenai penyakit Alzheimer serta peran caregiver yang dibutuhkan oleh pasien, dengan tujuan membangun coping yang fungsional. Rancangan group discussion yang telah disusun di uji kelayakannya menggunakan proses expert judgment, terdiri dari 6 expert menggunakan rating questionnaire yang mengacu pada APA (2002). Hasil dari evaluasi dianalisa menggunakan content validity index (CVI), (Poli, 2006). Penilaian expert menunjukkan hasil skor CVI 100% untuk treatment efficacy dan 98% untuk clinical untility. Hal ini menyatakan bahwa rancangan yang disusun dinilai sesuai dan cocok untuk membangun coping yang fungsional pada caregiver pasien Alzheimer.

Caregiving people with dementia Alzheimer has negative consequences for the caregivers. Caregivers frequently step into their new role with little understanding of the disease and what should be done to assist them. The demand of the work may grow in intensity of the time and the situation of caregiving can be considered stressful events. Many researchers develop an intervention for individual encounter to manage caregivers’ stress. Otherwhile, an intervention based on group encounter is rarely found especially in Indonesia. A few studies showed that intervention with group encounter reporting significant reductions in stress and group intervention can be beneficial for both caregivers and patients. The purpose of this study is to design a group intervention to developing functional coping in order to adjust with the caregiving problem. The problem was identified using need assessment method and the result showed that less information about the disease and understanding of the caregiving role is the source of caregivers stress. This study used qualitative methods. 30 caregivers were observed and 5 caregivers were interviewed using Lazarus and Folkman transactional model of stress. The group intervention was designed based on the result of need assessment. The intervention was design with group discussion method with life development intervention approach. The purpose of the intervention is to provide an information about Alzheimer disease and developing skill for caregivers in order to develop functional coping of the caregivers. The design of the intervention was evaluated by 6 experts using rating questionnaire by APA (2000). The result of the evaluation was analyzed with content validity index (CVI) (Polit, 2006). Experts agreement of the design showed that treatment efficacy and clinical utility scale are acceptable. The CVI scores for treatment efficacy was 100% and 98% for clinical utility. This scores mean that the design of the intervention is appropriate and suitable to develop functional coping in caregivers of people with Alzheimer Disease.

Download: .Full Papers