Abstrak RSS

Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas X Kota Bandung

Pengembangan Alat Ukur Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas X Kota Bandung
Elizabeth Barbara
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , , , ,

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen pengukuran pemahaman membaca yang dirancang berdasarkan teori Reading Comprehension (Emerald Dechant, 1982). Alat ukur pemahaman membaca ini terdiri dari 149 item persoalan pilihan ganda. Alat ukur ini dirancang untuk mengukur seberapa mampu siswa dalam pemahaman membaca literal, organizational dan inferential yang diterapkan pada tiga jenis teks yang berbeda yaitu narasi, eksposisi, dan deskripsi. Alat ukur ini dikembangkan untuk diujikan kepada siswa SMA kelas X di kota Bandung. Sampel penelitian ini sebanyak 659 siswa yang dipillih berdasarkan teknik non-random sampling. Evaluasi properti psikometrik yang dilakukan pada pengembangan alat ukur ini berupa reliabilitas, analisa tingkat kesukaran dan daya pembeda item, serta validasi dari skor tes. Dalam pengujian reliabilitas, Cronbach’s alpha, dan composite reliability dihitung untuk mengukur konsistensi internal dari instrument pengukuran. Pembuktian validitas alat ukur dilakukan melalui evidence based test content, dan evidence based internal structure melalui confirmatory factor analysis. Koefisien Cronbach’s alpha untuk skor total alat ukur Pemahaman Membaca adalah 0,95 sedangkan skor reliabilitas pada masing-masing sub tes pada aspek pemahaman membaca literal sebesar 0,94; aspek pemahaman membaca organizational sebesar 0,719; dan aspek pemahaman membaca inferential sebesar 0,799. Composite reliability untuk skor total alat ukur pemahaman membaca sebesar 0,94 sedangkan aspek literal sebesar 0,926, organizational sebesar 0,736, dan inferential sebesar 0,749. Item memiliki tingkat kesukaran yang tergolong sedang. Rata-rata tingkat kesukaran item adalah 0,658. Indeks daya pembeda pada masing-masing item menunjukkan kemampuan membedakan yang tergolong baik dengan rata-rata indeks sebesar 0,347. Confirmatory factor analysis pada alat ukur pemahaman membaca literal dan inferential menunjukkan model fit. Nilai Goodness Fit of Index dari kemampuan pemahaman membaca literal adalah X 2(31)=39,55, p= 0,13 , dengan skor RMSEA = 0,02 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0. Sedangkan nilai Goodness Fit of Index dari kemampuan pemahaman membaca inferential adalah X 2 (14)=11,72, p= 0,615, dengan skor RMSEA = 0,00 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0 Penemuan pada penelitian ini menyimpulkan bahawa alat ukur pemahaman membaca untuk aspek literal dan inferential memiliki properti psikometri yang baik dan bukti validitas yang cukup kuat bagi interpretasi terhadap skornya.

The purpose of this study was to develop a reading comprehension test instrument which was design based on reading comprehension theory (Emerald Dechant, 1982). This reading comprehension test instrument consists of 149 items of multiple choice issues. This instrument designed to measure how well students are able to understand literal, organizational and inferential literature applied to three different types of text, narrative, exposition, and description. The instrument was developed to be tested to high school students grade X in Bandung. The sample of this study is 659 students selected based on non-random sampling technique. Evaluation of psychometric properties performed on the development of this instrument in the form of reliability, analysis of difficulty level and distinguishing factor of the items, and validation of the test scores. In reliability testing, Cronbach’s alpha and composite reliability are calculated t measure the internal consistency of the measurement instrument. Validity of this instrument was done through evidence based content and evidence based internal structure through confirmatory factor analysis. Cronbach’s alpha coefficient for total score measuring reading comprehension test instrument is 0.95, while reliability score in each sub test on literacy comprehension aspect is 0.94; the organizational reading comprehension aspect is 0.719; and the inferential reading comprehension aspect is 0.799. composite reliability for total score of reading comprehension test instrument is 0.94 and literal aspect is 0.926, organizational is 0.736 and inferential is 0.749. Degree of difficulty of the items was moderate. The average score of degree of difficulty of the items is 0,658. Item discrimination index for each item is 0,347 indicates a good score for differentiating ability of each student. Confirmatory factor analysis of the reading comprehension test instrument showed a fit model with score for literal reading comprehension are X 2 (31)=39,55, p= 0,13 RMSEA = 0,02 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0. Goodness Fit of Index for inferential reading comprehension are X2(14)=11,72, p= 0,615, RMSEA = 0,00 ; GFI = 0,99; NNFi = 1,0; CFI = 1,0 The result of this study showed that the literal and inferential reading comprehension test instrument has a good psychometry property and validity score is strong enough for interpretation of the score.

Download: .Full Papers