Abstrak RSS

Pengaruh Leadership Terhadap Followership – Suatu Studi pada Pegawai Pelaksana Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Banten, Jawa Barat, dalam Upaya Peningkatan Performa Kerja Karyawan.

Pengaruh Leadership Terhadap Followership – Suatu Studi pada Pegawai Pelaksana Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Banten, Jawa Barat, dalam Upaya Peningkatan Performa Kerja Karyawan.
Auliani Gahara, Marina Sulastiana., Zahrotur R. Hinduan
Universitas Padjadjaran
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran
, , , ,

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki peran yang cukup krusial yaitu untuk meningkatkan perekonomian Provinsi Banten, khususnya dalam sektor perindustrian dan perdagangan. Karena perannya yang cukup krusial ini, kinerja pegawai Disperindag Banten sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten. Meskipun demikian, kinerja pegawai di Disperindag Banten belum dapat dikatakan optimal. Hal ini disebabkan pegawai tidak mengetahui secara jelas sasaran kerja yang harus dicapai pertahunnya yang menyebabkan penurunan program yang kurang tepat sasaran. Pemimpin tentunya yang bertanggung jawab dalam penyampaian sasaran kerja ini kepada pegawai. Kepemimpinan yang kurang efektif diidentifikasi sebagai penyebab dari rendahnya followership pegawai. Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengidentifikasi pengaruh leadership terhadap followership di Disperindag Banten. Penelitian ini dilakukan kepada 78 orang pegawai pelaksana Disperindag Provinsi Banten. Desain penelitian yang digunakan adalah causal analysis untuk melihat pengaruh variabel X ke Y. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa directive leader mampu meningkatkan followership secara signifikan, terutama pada dimensi performance initiative di Disperindag Provinsi Banten. Hasil ini digunakan untuk merancang intervensi yang bertujuan untuk pengembangan leadership dan followerhsip di Disperindag Provinsi Banten. Intervensi yang dilakukan adalah learning organization yang merupakan rancangan program yang berkelanjutan sebagai bahan bagi Badiklat Provinsi Banten untuk mengembangkan potensi directive leader dan followerhsip di Disperindag Banten.

Department of Industry and Trade (Disperindag) Banten is one of the Organization of Regional Devices (OPD) which has a crucial role which is to improve the economy of Banten Province, especially in the sector of industry and trade. Because of its quite crucial role, the performance of employees of Banten Disperindag very influential on the economic growth of Banten Province. Nevertheless, the performance of employees in Disperindag Banten can not be said to the maximum. This is because employees do not know clearly the aims of work to be accomplished annually resulting in the decline in programs that are not right on target. Leaders are certainly responsible for delivering these job goals to employees. Nevertheless, the role of followers in Disperindag Banten performance that is still less than optimal. This research was conducted in an aim to identify the influence of leadership on followership in Disperindag Banten. This research was conducted to 78 executing officers of Disperindag of Banten Province. The research design used is causal analysis. The sampling technique used is simple random sampling. The results showed that leadership has a significant influence on followership in Disperindag Banten Province. These results are used to design interventions aimed at leadership and followerhsip development in Disperindag Banten Province. The intervention is organizational learning which is a sustainable program design as an ingredient for Badiklat Banten Province to develop leadership potential and followerhsip in Disperindag Banten.

Download: .Full Papers