Abstrak RSS

Husenynov-Antihypertensive Game (HAKI)

Husenynov-Antihypertensive Game (HAKI)
Ike Husen, Dr., M. Kes., Dr. Enny Rohmawaty, Dr., M. Kes., Novi Vicahyani Utami, Dr., M. Kes.,
Universitas Padjadjaran, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia

Inovasi pembelajaran dalam bidang pendidikan kedokteran harus terus dikembangkan. untuk menjawab tantangan jaman yang menuntut profesi tenaga kesehatan yang semakin berkualitas. Seorang dokter harus mampu melakukan pengobatan yang rasional, yang berarti bahwa dokter harus memiliki keterampilan pengambilan keputusan yang sangat dipengaruhi oleh pemahaman tentang karakteristik obat dan penerapannya. Diperlukan metode pembelajaran untuk memahami konsep konsep farmakologi dan penerapannya yang inovatif, tidak membosankan dan mendorong seseorang untuk belajar mandiri serta dapat dilakukan berulang-ulang. Metoda pembelajaran menggunakan serious game menjadi sebuah alternatif, karena game edukasi dapat menarik perhatian, memberi informasi aspek belajar yang penting, menstimulasi pelacakan pengetahuan terdahulu (retrieval) sehingga mendorong proses berpikir metakognisi, menstimulasi persepsi yang dapat dirancang sesuai kebutuhannya, dapat disajikan sebagai pemandu Iangkah-Iangkah dalam belajar, dapat memonitor respon/perkembangan pemahaman materi, dan memuat umpan balik serta penjelasannya bagi pengguna. Selain itu. game edukasi juga dapat meningkatkan tingkat retensi pengetahuan.

Download: .Full Papers