Abstrak RSS

PERANAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA BARAT DALAM PENINGKATAN EKSPOR KOMODITAS KOPI DI JAWA BARAT

PERANAN DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA BARAT DALAM PENINGKATAN EKSPOR KOMODITAS KOPI DI JAWA BARAT
FACHRIZAL ILHAM
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Fachrizal Ilham, 120403140001, “Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat dalam Peningkatan Ekspor Komoditas Kopi di Jawa Barat”. Laporan Tugas Akhir, Program Studi Bisnis Internasional, Diploma III, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Asep Mulyana, SE., MCE

Penelitian ini dilakukan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, pada bagian Perdagangan Luar Negeri yang beralamatkan di Jalan Asia Afrika No. 146, Paledang, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261, Indonesia. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang perindustrian dan bidang perdagangan yang menjadi kewenangan daerah Provinsi Jawa Barat.

Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami hambatan – hambatan dalam meng-ekspor komoditas kopi dan mengetahui apa peran dan upaya yg dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan ekspor komoditas kopi di Jawa Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data-data diperoleh dari pusat data, laporan kegiatan, diskusi, pengamatan langsung pada Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, dan melalui wawancara dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna terselesaikannya laporan ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan – kegiatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat membantu meningkatkan ekspor komoditas kopi di Jawa Barat yang salah satunya melalui penyediaan dan pemberian fasilitasi pelatihan – pelatihan dan seminar yang diberikan kepada petani kopi guna memberikan informasi mengenai ekspor kopi dan strategi pemasaran luar negeri; dan juga sebagai instansi penerbit SKA (Surat Keterangan Asal) atau CO (Certificate of Origin) dan SPEK (Surat Persetujuan Ekspor Kopi) yang menjadi persyaratan dalam ekspor kopi.