Abstrak RSS

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PETERNAK MENGENAI MASTITIS DENGAN KEJADIAN STATUS MASTITIS (Studi Kasus di TPK Babakan Kiara wilayah KPBS Pengalengan)

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PETERNAK MENGENAI MASTITIS DENGAN KEJADIAN STATUS MASTITIS (Studi Kasus di TPK Babakan Kiara wilayah KPBS Pengalengan)
Ratri Ayudianingtias
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian tentang persepsi peternak mengenai mastitis dengan kejadian status mastitis (studi Kasus di TPK Babakan Kiara wilayah KPBS Pangalengan) dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peternak sapi perah terhadap mastitis di Babakan Kiara, mengetahui status mastitis yang terjadi terjadi di Babakan Kiara dan menganalisis hubungan persepsi peternak sapi perah mengenai mastitis dengan kejadian mastitis yang terjadi di Babakan Kiara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan penentuan responden yang dilakukan secara proporsional random sampling, sehingga diperoleh 54 responden. Data hasil penelitian ini kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi peternak yang mencakup dimensi kognisi (pengetahuan) dan afeksi (sikap) mengenai mastitis menunjukkan kategori tinggi dengan persentase sebesar 74,07% dan kejadian status mastitis yang menunjukan kategori rendah dengan persentase 87%. Hubungan antara persepsi peternak mengenai mastitis dengan kejadian status mastitis mempunyai hubungan tidak searah yang termasuk dalam kategori hubungan yang cukup berarti (Rs = -0,666).