Abstrak RSS

Strategi Pemasaran Pupuk Organik Effective Microorganisms 4 (EM4) (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Songgolangit Persada, Denpasar, Bali) (Marketing Strategy of Effective Microorganisms 4 (EM4) Organic Fertilizer (Case Study in PT. Songgolangit Persada, Denpasar, Bali))

Strategi Pemasaran Pupuk Organik Effective Microorganisms 4 (EM4) (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Songgolangit Persada, Denpasar, Bali) (Marketing Strategy of Effective Microorganisms 4 (EM4) Organic Fertilizer (Case Study in PT. Songgolangit Persada, Denpasar, Bali))
Namira Audina, Dini Rochdiani, Kuswarini Kusno
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis I Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Komoditas Pertanian, Seminar Nasional: “peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing Komoditas Pertanian” Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Galuh, 1 April 2017, ISBN : 978-602-61748-0-2, Cetakan pertama, Mei 2017
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis I Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Komoditas Pertanian, Seminar Nasional: “peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing Komoditas Pertanian” Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Galuh, 1 April 2017, ISBN : 978-602-61748-0-2, Cetakan pertama, Mei 2017
, , ,

Indonesia memiliki dua sistem pertanian yaitu sistem pertanian organik dan sistem pertanian anorganik. Saat ini, Indonesia mengalami degradasi lahan yang menyebabkan kandungan C-Organik tanah sangat rendah. Bila menyesuaikan dengan pola pemupukan berimbang, Indonesia membutuhkan 500 kg pupuk organik per hektar lahan pertanian, namun penyerapan pupuk organik masih sangat rendah. Pupuk organik PT. Songgolangit Persada adalah salah satu produsen pupuk organik yang telah beroperasi selama 20 tahun. Merek jual pupuk organik dari perusahaan ini adalah Effective Microorganisms 4 (EM4). EM4 Pertanian adalah pupuk organik yang terbuat dari Teknologi Effective Microorganisms (EM) yang berasal dari Jepang. EM4 dikenal memiliki keunggulan memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi, menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, dan meningkatkan keragaman mikroba yang ada di dalam tanah. Dalam kegiatan pemasarannya, PT. Songgolangit Persada masih mengalami kendala baik dari lingkungan internal maupun lingkungan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Songgolangit Persada. Metode penelitian yang digunakan ialah Analisis SWOT kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats). Dengan menggunakan analisis SWOT diharapkan menghasilkan strategi alternatif yang efisien bagi perusahaan. Berdasarkan hasil analisis matriks Internal-Eksternal, PT. Songgolangit Persada berada pada sel 5, yaitu kondisi mnunjukkan Growth dan Stability yang artinya menerapkan pengembangan lokasi usaha, meningkatkan jenis produk, dan mempertahankan laba perusahaan. Analisis SWOT dilakukan menghasilkan 8 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh PT. Songgolangit Persada.

Indonesia practices two agricultural systems, namely organic and inorganic agricultural systems. Today, Indonesia is going through a soil degradation that causes the C-Organic percentage to lower. Adjusting to the balanced fertilization strategy, Indonesia needs 500 kg of organic fertilizer for every hectare of farmland, yet the organic fertilizer absorption rate is still very low. PT. Songgolangit Persada is one of the producers of organic fertilizers that has been operating for 20 years. The brand of organic fertilizer marketed by this company is named Effective Microorganisms 4 (EM4). EM4 is an organic fertilizer produced with Effective Microorganisms (EM) Technology originating in Japan. EM4 is known for its ability to improve the physical, chemical, and biological qualities of soil, as well as to increase the crops production, maintain the production stability, provide the nutrients needed by crops, and improve the microbes diversity in soil. In its marketing, PT. Songgolangit Persada is still experiencing obstacles, both internally and externally. This study aims to determine the marketing strategy practiced by PT. Songgolangit Persada. The method used in this study is the SWOT Analysis that considers strengths, weaknesses, opportunities, and threats. Using the SWOT Analysis, the goal is to obtain an alternative strategy that can be used efficiently by the company. Based on the internal-external matrix analysis, PT. Songgolangit Persada falls on cell 5, a condition that expresses growth and stability, which means that it is developing the business location, improving products, and maintaining the profit of the company. SWOT Analysis shows the result of eight alternative strategies that can be considered by the PT. Songgolangit Persada.

Download: .Full Papers