Abstrak RSS

KONSTRUKSI MAKNA JURNALISME WARGA BAGI JURNALIS WARGA NETCJ.CO.ID (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Jurnalisme Warga Bagi Jurnalis Warga Netcj.co.id Pada Program

KONSTRUKSI MAKNA JURNALISME WARGA BAGI JURNALIS WARGA NETCJ.CO.ID (Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Jurnalisme Warga Bagi Jurnalis Warga Netcj.co.id Pada Program
MUHAMMAD IQBAL
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

MUHAMMAD IQBAL, 210110140141, 2018, Konstruksi Makna Jurnalisme Warga Bagi Jurnalis Warga Netcj.co.id, Studi Fenomenologi Mengenai Konstruksi Makna Jurnalisme Warga bagi Jurnalis Warga Netcj.co.id pada Program “NET10”. Pembimbig Utama Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah S.Sos., M.Si dan Efi Fadilah S.Sos., M.Pd. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman, motif dan makna jurnalisme warga bagi seseorang yang menjadi jurnalis warga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi terhadap lima jurnalis warga yang menjadi anggota dari platform netcj.co.id.

Hasil penelitian ini menunjukkan para informan memperoleh pengetahuan mengenai jurnalisme warga dari internet, tayangan berita, dan rekan informan yang lebih dahulu menjadi jurnalis warga. Pengalaman para informan dalam hal kendala adalah pertanyaan berasal dari media mana, permintaan menunjukkan kartu pers, serta minimnya pengetahuan masyarakat mengenai jurnalisme warga. Dari pengalaman menjadi jurnalisme warga, para informan memiliki motif dalam menjalankan aktivitas jurnalisme warga, yaitu sebagai pengembangan diri, menyebarkan informasi, dan membuat perubahan sosial dari hasil liputan yang ditayangkan. Kemudian, makna jurnalisme warga bagi kelima informan adalah sebagai suatu aktivitas layaknya jurnalis profesional yang dilakukan oleh warga untuk membuat konten jurnalistik yang memberikan alternatif pemberitaan dari media arus utama.

Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menjalankan aktivitas jurnalisme warga secara rutin, para informan memperoleh pengalaman, motif, dan makna jurnalisme warga, sehingga mereka memahami perannya sebagai jurnalis warga. Saran penelitian ini bagi jurnalis warga adalah pertahankan eksistensi jurnalisme warga dan tetap membuat konten jurnalistik yang bisa menjadi alternatif pemberitaan dari media arus utama.

Download: File Abstrak ,