Abstrak RSS

Konstruksi Identitas Perempuan Penari Hiburan Malam di Jakarta

Konstruksi Identitas Perempuan Penari Hiburan Malam di Jakarta
Fransisca Anjani
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Fransisca Anjani, 210110140061, 2018. “Konstruksi Identitas Perempuan Penari Hiburan Malam di Jakarta”. Hj. Kismiyati El Karimah., Dra., M.Si. sebagai Pembimbing Utama dan Meria Octavianti S.Sos., M.I.Kom., sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif, pengalaman komunikasi yang dialami, dan konstruksi makna identitas perempuan penari hiburan malam di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat motif penari hiburan malam dalam memilih profesinya yakni terdesak keadaan, mencoba hal baru, suka menari dan frustasi. Sedangkan tujuan perempuan penari hiburan malam menjalankan profesinya adalah motif ekonomi, motif hobi, dan motif kesenangan. Pengalaman komunikasi yang dialami oleh perempuan penari hiburan malam adalah kesempatan interaksi dengan orang-orang penting atau berpengaruh, memperoleh apresiasi secara ekonomi, mengekspresikan dan mengaktualisasi kemampuan diri, menjadi bahan perbincangan di lingkungan, mengalami kekerasan dalam posisinya sebagai perempuan penari hiburan malam, dan gangguan kesehatan sebagai ancaman.
Simpulan dari penelitian ini adalah motif dan pengalaman tersebut mengonstruksi makna identitas diri para informan yakni diri sebagai berkat bagi orang lain, diri sebagai pribadi yang mandiri, tidak memiliki harga diri, dan diri yang jauh dari Tuhan. Makna tersebut membentuk keinginan besar para informan untuk berganti profesi dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kata Kunci: Konstruksi Identitas, Penari Hiburan Malam, Fenomenologi.

Download: File Abstrak ,