Abstrak RSS

PEMAKNAAN ETIKA JURNALISME WARGA OLEH JURNALIS WARGA NETCJ DI WILAYAH SOLO: Studi Fenomenologi Mengenai Etika Jurnalisme Warga

PEMAKNAAN ETIKA JURNALISME WARGA OLEH JURNALIS WARGA NETCJ DI WILAYAH SOLO: Studi Fenomenologi Mengenai Etika Jurnalisme Warga
CINDY MUTIA ANNUR
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

CINDY MUTIA ANNUR, 210110140233, 2018. Pemaknaan Etika Jurnalisme Warga oleh Jurnalis Warga NETCJ di Wilayah Solo: Studi Fenomenologi Mengenai Etika Jurnalisme Warga. Pembimbing utama Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S. Sos., M. Si. dan pembimbing pendamping Pandan Yudhapramesti, S. Sos., M.T. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan etika jurnalisme warga oleh jurnalis warga melalui motif, pengalaman, dan kesepakatan jurnalis warga dalam menerapkan etika jurnalisme warga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi, serta teori interaksi simbolik terhadap lima jurnalis warga NETCJ di wilayah Solo.
Hasil penelitian menunjukkan, motif informan adalah agar menjaga kualitas berita dan bisa diterima di masyarakat (because-motive), untuk menjaga nama baik diri serta media bersangkutan dan mewujudkan keinginan menjadi jurnalis warga yang profesional (in-order-to motive). Pengalaman yang dihadapi informan adalah gratifikasi, eksistensi diri, dan kesulitan akses liputan. Adapun kesepakatan informan, yakni mengakui status sebagai jurnalis warga, membuat liputan yang sesuai fakta, menjaga nama baik media yang bersangkutan, menolak pemberian amplop, dan tidak mengirim liputan yang sama ke media lain.
Penelitian ini menyimpulkan, para informan memaknai etika jurnalisme warga sebagai aspek moralitas dan kualitas. Saran penelitian ini bagi jurnalis warga adalah sebaiknya mempelajari etika jurnalisme secara mendalam dan fokus terhadap aspek-aspek berita lainnya. Saran penelitian ini bagi redaksi NETCJ dan program jurnalisme warga sejenisnya adalah diharapkan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan etika jurnalisme warga kepada anggotanya dan membuat kesepakatan secara resmi mengenai etika jurnalisme warga.

Download: File Abstrak ,