Abstrak RSS

KEKERASAN DALAM PACARAN PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL

KEKERASAN DALAM PACARAN PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL
LUTHFIA RIZKI I
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Luthfia Rizki Ichwani. 210110140224. 2018. Kekerasan dalam Pacaran pada Perempuan Dewasa Awal: Studi Fenomenologi Mengenai Pengalaman Perempuan Dewasa Awal Korban Kekerasan dalam Pacaran. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Kismiyati El Karimah, Dra., M.Si., selaku Dosen Pembimbing Utama dan Dr. Iwan Koswara, M.Si., selaku Dosen Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif perempuan dewasa awal bertahan dalam hubungan pacaran penuh kekerasan, pengalaman kekerasan dalam pacaran yang dialaminya, dan makna kekerasan dalam pacaran baginya. Informan dalam penelitian ini adalah perempuan dewasa awal korban kekerasan dalam pacaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motif sebab perempuan dewasa awal bertahan dalam hubungan pacaran penuh kekerasan adalah karena mengganggap kekerasan dalam pacaran sebagai hal yang wajar, memiliki ketergantungan dengan pasangan, dan telah berinventasi dalam hubungan pacaran. Pengalaman yang dialami perempuan korban kekerasan dalam pacaran dipengaruhi oleh masa lalu yang mencakup perselingkuhan dan perceraian orang tua serta kekerasan dalam rumah tangga yang dialaminya di masa kecil, yang kemudian membentuk pengalaman masa kini dan masa yang akan datang. Adapun makna kekerasan dalam pacaran adalah menciptakan ketimpangan relasi antara pelaku dan korban, merusak dan menurunkan kepercayaan dan harga diri korban, serta memaksa korban untuk mematuhi dan memenuhi seluruh keinginan pelaku.

Download: File Abstrak ,