Abstrak RSS

Self Disclosure Mahasiswa Introver Melalui Media Sosial Instagram di Jakarta

Self Disclosure Mahasiswa Introver Melalui Media Sosial Instagram di Jakarta
Maura Cynthia Wahyu Hamastuti
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Maura Cynthia Wahyu Hamastuti, 210110140052, 2018. Self Disclosure Mahasiswa Introver Melalui Media Sosial Instagram di Jakarta. Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing utama dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping. Program studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, pengalaman, perilaku, serta makna yang berkaitan dengan pengungkapan diri melalui media sosial Instagram. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa dengan tipe kepribadian introver dari berbagai universitas di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat motif mahasiswa introver melakukan self disclosure melalui media sosial, yaitu adanya dorongan internal dari diri sendiri dan dorongan eksternal dari teman serta lingkungan. Selain itu, mahasiswa introver juga melakukan self disclosure di media sosial dikarenakan ingin mendapatkan dukungan dari orang lain, membentuk citra diri, berinteraksi dengan orang lain, dan mendapatkan penerimaan sosial. Pengalaman para mahasiswa menggunakan Instagram membentuk perilaku komunikasinya. Bagi mahasiswa introver, self disclosure melalui media sosial Instagram memiliki makna sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, mempresentasikan diri, dan personal branding. Dalam melakukan self disclosure, mahasiswa introver memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial Instagram.

Download: File Abstrak ,