Abstrak RSS

IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. SHARP ELECTRONICS INDONESIA MELALUI PROGRAM SHARP GREENERATOR

IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. SHARP ELECTRONICS INDONESIA MELALUI PROGRAM SHARP GREENERATOR
LIA EUNIKA PAMELA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Lia Eunika Pamela, 210110110196, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Implementasi Corporate Social Responsibility PT. SHARP Electronics Indonesia Melalui Program SHARP Greenerator” yang dibimbing oleh Dr. Hj. Susanne Dida, M.M sebagai pembimbing utama dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perencanaan, pelaksanaan, peninjauan ulang, dan evaluasi program SHARP Greenerator yang dijalankan oleh PT. SHARP Electronics Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini adalah program SHARP Greenerator dibuat oleh PT. SHARP Electronics Indonesia sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap permasalahan penanggulangan sampah dan penggunaan kantong plastik di Indonesia khususnya Kota Bogor. Perencanaan awal yang dibuat ternyata tidak dapat dilakukan sepenuhnya pada tahap pelaksanaan. Terdapat perbedaan pada kota sasaran program dan sasaran anggota yang diharapkan pada tahap perencaan tidak dapat dilakukan pada tahap pelaksanaan.
Dari permasalahan yang terjadi, PT. SHARP Electronics Indonesia perlu lebih melakukan riset secara mendalam dan detil mengenai target sasaran program pada tahap perencanaan. Pada tahap pelaksanaan disarankan agar mengikuti perencanaan agar tidak terjadi perubahan yang signifikan di tengah-tengah program berjalan. Peninjauan ulang dan evaluasi yang dilakukan perlu diadakan secara rutin dan berkala agar permasalahan yang ada saat kegiatan berlangsung dan dapat diselesaikan dengan segera agar tidak terulang di kemudian hari sehingga kegiatan-kegiatan dari program SHARP Greenerator dapat memberikan hasil nyata yang positif.

Kata kunci: corporate social responsibility, SHARP Greenerator, perencanaan, implementasi, evaluasi

Download: File Abstrak ,