Abstrak RSS

Pengaruh Permainan Kartu Kasugi terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa

Pengaruh Permainan Kartu Kasugi terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa
Kristyawan Sutriyanto, Ardini S. Raksanagara, Merry Wijaya
Universitas Padjadjaran, Jurnal Sistem Kesehatan, Volume 1 Nomor 4 Tahun 2016, pISSN 2460-8831, eISSN 2460-819X, http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/12828, DOI: https://doi.org/10.24198/jsk.v1i4
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Universitas Padjadjaran, Jurnal Sistem Kesehatan, Volume 1 Nomor 4 Tahun 2016, pISSN 2460-8831, eISSN 2460-819X, http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/12828, DOI: https://doi.org/10.24198/jsk.v1i4
, , , , , ,

Penyuluhan kesehatan dengan metode yang menarik dapat meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh permainan kartu Kasugi terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan Quasi Experimental dengan Non-Equivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest-posttest pada kelompok eksperimen yang mendapat permainan kartu Kasugi maupun kelompok kontrol dengan ceramah. Hasil analisis dengan uji Repeated Anova menunjukkan terdapat perbedaan bermakna nilai pretest dan posttest pengetahuan setelah siswa mendapat 1 kali permainan kartu Kasugi (p=0,021) dengan kenaikan sebesar 0,62, setelah 2 kali permainan kartu Kasugi (p=0,001) dengan kenaikan 22,24, dan setelah 3 kali permainan kartu Kasugi (p=0,001) dengan kenaikan 32,40. Tidak terdapat perbedaan bermakna peningkatan pengetahuan antara siswa yang mendapat 3 kali permainan kartu Kasugi dengan siswa yang mendapat 3 kali ceramah (p=0,831). Penyuluhan kesehatan melalui permainan kartu Kasugi sebanyak 1 kali atau lebih berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa. Penyuluhan kesehatan melalui permainan kartu Kasugi sebanyak 3 kali berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat yang sama dengan siswa yang mendapatkan 3 kali penyuluhan kesehatan melalui metode ceramah.

Health education with an attractive method can help to improve the knowledge to live clean and healthy behaviors. This study is aimed to analyze the effect of a card game Kasugi toward the improvement of knowledge of clean and healthy behaviors in elementary school students. The research method used is Quasi Experimental approach to the design of Non-Equivalent Control Group Design. Subjects were students in grade 5 elementary school in West Bandung regency. The quantitative data obtained from the value pretest-posttest in the experimental group who received a card game Kasugi or the control group lectures. The results showed a significant difference in the value pretest and posttest knowledge after the students got 1 time the card game Kasugi (p=0.021) with a gain of 0.62, after 2 times the card game Kasugi (p=0.001) with an increase of 22,24, and after 3 times the card game Kasugi (p=0.001) with a gain of 32,40. There was no significant difference improved knowledge among students who scored 3 times the card game Kasugi with 3 times lecture (p=0.831). Health education using card games Kasugi 1 times or more affect the improvement on the knowledge of clean and healthy behaviors in students. Using health education through three times the card game Kasugi with 3 times the lectures provide the same improvement of knowledge of hygienic behavior and healthy.

Download: .Full Papers