Abstrak RSS

Program “Inspirasi Pendidikan Negeri” Sebagai Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT PERTAMINA EP

Program “Inspirasi Pendidikan Negeri” Sebagai Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT PERTAMINA EP
NADIA UFAIRAH
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Skripsi Nadia Ufairah 210110140171, Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul skripsi: “Program ‘Inspirasi Pendidikan Negeri’ sebagai Strategi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina EP, dengan Sub Judul Skripsi: “Studi Kasus Program ‘Inspirasi Pendidikan Negeri’ Sebagai Strategi Corporate Social Responsibility PT Pertamina EP di Kota Tarakan, Kalimantan Utara” dengan pembimbing utama Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, M.Si. dan Dr. Slamet Mulyana, M.I.Kom. selaku pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pelaksanaan program “Inspirasi Pendidikan Negeri” yang dilaksanakan di salah satu area operasi PT Pertamina EP yaitu Tarakan Field, kemudian proses pelaksanaan program, dan strategi CSR yang digunakan selama pelaksanaan program.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar dapat mengungkap konteks penelitian secara holistik dengan menggunakan wawancara, observasi, juga studi dokumentasi dalam pengambilan data. Program “Inspirasi Pendidikan Negeri” lahir sebagai bentuk kepedulian PT Pertamina EP terhadap isu sosial yang terjadi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dengan tujuan untuk menginspirasi masyarakat Indonesia akan pentingnya sebuah pendidikan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program “Inspirasi Pendidikan Negeri” memiliki tiga program yang dijalankan, yaitu: Program Sekolah Tapal Batas, Program Pengolahan Sampah 4R, dan Program Pengolahan Rumput Laut. Pelaksanaan program “Inspirasi Pendidikan Negeri” terdiri dari tiga tahap, yaitu: proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses monitoring dan evaluasi. Kemudian terdapat empat strategi yang digunakan PT Pertamina EP dalam menjalankan program CSR yakni: strategi pemegang saham, strategi altruistik, strategi timbal balik, dan strategi kewarganegaraan.

Download: File Abstrak ,