Abstrak RSS

PERSONAL BRANDING DEBBY PERMATA SEBAGAI HOST PERSIB PADA INSTAGRAM

PERSONAL BRANDING DEBBY PERMATA SEBAGAI HOST PERSIB PADA INSTAGRAM
Juliana Nuryadin
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

ABSTRAK

Juliana Nuryadin, 210110110060 mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Personal Branding Debby Permata Sebagai Host Persib Bandung Pada Instagram” dengan Dr. Hj. Susanne Dida, M.M, selaku Dosen Pembimbing Utama, dan Dr. Evi Novianti, M.Si selaku Dosen Pembimbing Pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses personal branding yang dilakukan oleh Debby Permata sebagai host Persib Bandung melalui media sosial Instagram. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep personal branding dari William Arruda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini adalah Debby Permata memiliki tiga tahap dalam melakukan personal branding sebagai host Persib Bandung. Pertama adalah tahap mengeluarkan identitas diri yaitu ia harus memahami siapa dirinya, tujuannya, apa yang menjadi minat dan kegemarannya, serta keterampilan apa yang ia miliki. Kedua adalah tahap mengekspresikan diri yaitu bagaimana Debby Permata mengkomunikasikan personal brandingnya sebagai host Persib Bandung dengan cara membentuk identitas online, memperhatikan konten yang akan diunggah, menggunakan Bahasa yang sesuai dengan bobotoh. Ketiga adalah tahap mempertunjukan yaitu bagaimana Debby Permata mengatur lingkungannya dalam menunjang proses personal branding yang ia lakukan, dengan cara memperhatikan penampilan, seperti pakaian yang ia kenakan untuk di unggah di Instagram.
Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Debby Permata dapat membuat sebuah ciri khas khusus berupa jargon saat membawakan acara pada kegiatan Persib Bandung. Peneliti juga menyarankan agar Debby Permata rutin untuk mengunggah konten di Instagram jika ingin lebih dikenal oleh para followersnya sebagai host Persib Bandung. Untuk yang ingin memulai personal branding di Instagram sebaiknya memperhatikan beberapa hal khususnya konten karena hal tersebut adalah esensial bagi seseorang yang akan melakukan personal branding di Instagram.

Kata Kunci: Personal Branding, Media Sosial, Instagram, Host Persib.

Download: File Abstrak ,