Abstrak RSS

Hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Kinerja Karyawan Prama Grand Hotel Preanger

Hubungan antara Iklim Komunikasi Organisasi dengan Kinerja Karyawan Prama Grand Hotel Preanger
NITYA PUSPAKA
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif, iklim komunikasi organisasi sangat penting melebihi ketrampilan dan teknik-teknik komunikasi. Karena iklim komunikasi akan memberi pedoman bagi anggota organisasi untuk membuat keputusan dan perilaku atau kinerja karyawannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara kepercayaan para personel organisasi; pembuatan keputusan bersama; kejujuran; keterbukaan dalam komunikasi ke atas; mendengarkan dalam komunikasi ke bawah; serta perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi dengan kinerja karyawan Prama Grand Hotel Preanger Bandung.
Metode yang digunakan adalah survey eksplanatory (korelasional). Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Prama Grand Hotel Preanger Bandung, dengan ukuran sampel 55 orang yang terpilih melalui teknik simple random sampling. Dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket, wawancara dengan nara sumber dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan dimensi iklim komunikasi organisasi meliputi : aspek kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran; keterbukaan dalam komunikasi ke atas, mendengarkan dalam komunikasi ke bawah, serta perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi berkorelasi secara signifikan dengan kinerja karyawan. Nilai koefisien terkecil adalah pada aspek kepercayaan (t hitung 2,366) tertinggi pada aspek mendengarkan dalam komunikasi ke atas (t hitung 20,060). Dengan demikian keenam aspek iklim komunikasi organisasi di Prama Grand Hotel Preanger sudah dapat mempengaruhi dan berkorelasi dengan kinerja karyawan.
Simpulan bahwa hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan Prama Grand Hotel Preanger adalah kuat/tinggi serta signifikan, artinya penelitian tentang iklim komunikasi organisasi ini dapat digeneralisasikan atau berlaku pada populasi dimana sampel ini diambil. Dan sarannya, hendaknya di Prama Grand Hotel Preanger memfungsikan serikat kerja untuk mendapatkan kesempatan kolektif juga dapat memfasilitasi komunikasi ke atas melalui konseling, kotak saran, kusioner sikap. Serta dalam memilih metode komunikasi hendaknya mempertimbangkan ketersediaan, biaya, pengaruh dan relevansinya.

Kata kunci : Iklim Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan

Download: File Abstrak ,