Abstrak RSS

Tahapan Proses Perencanaan Public Relations pada Program XL Future Leaders oleh PT. XL Axiata, Tbk

Tahapan Proses Perencanaan Public Relations pada Program XL Future Leaders oleh PT. XL Axiata, Tbk
ZULFA ARRIZKA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena rendahnya engagement para peserta program XL Future Leaders yang disebabkan oleh perencanaan yang kurang matang pada tahapan analisis situasi serta penyusunan strategi dan taktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan program XL Future Leaders. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan in-depth interview, observasi, dan studi pustaka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan program XL Future Leaders oleh Corporate Communication XL Axiata meliputi tahapan: (1) Analisis situasi dengan menggunakan mix method; (2) Penetapan tujuan dengan melakukan riset sekunder; (3) Penetapan publik dengan mempertimbangkan publik yang akan terpengaruh kebijakan program; penyajian pesan dengan mengidentifikasi isu terbaru dan mengemasnya menjadi pesan yang mencakup informasi seluruh aktivitas program; dan pemilihan media dengan mengukur efektivitas media dan awarenesss publik, menggunakan database, serta menggunakan para peserta sebagai komunikator roadshow; (4) Penyusunan strategi dan taktik dengan menyusun strategi berdasarkan hasil analisis situasi dan problem statement, menyeleksi publik dan memilih media, menetapkan pesan yang kuat, menyusun taktik yang dapat menjangkau publik, serta menyusun perencanaan kontinjensi; (5) Penetapan skala waktu dengan menetapkan metode pembelajaran dan skala waktu sub program; dan penetapan sumber daya dengan mengelompokkan sumber daya manusia dan biaya operasional; (6) Evaluasi dengan mengukur key performance indicator, indeks reputasi dan persepsi, nilai media, dan Public Relations.

Simpulan penelitian yaitu proses perencanaan program XL Future Leaders meliputi tahapan analisis situasi, penetapan tujuan, penetapan publik, penyajian pesan, pemilihan media, penyusunan strategi dan taktik, penetapan skala waktu dan sumber daya, serta evaluasi.

Kata Kunci: Perencanaan, Public Relations, XL Future Leaders.

Download: File Abstrak ,