Abstrak RSS

PENGGUNAAN INFOGRAFIS PADA AKUN INSTAGRAM TIRTOID SEBAGAI STRATEGI CROSS-MEDIA

PENGGUNAAN INFOGRAFIS PADA AKUN INSTAGRAM TIRTOID SEBAGAI STRATEGI CROSS-MEDIA
RETNO NURUL AISYAH
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Retno Nurul Aisyah, 210110140191, 2018. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Infografis pada Akun Instagram tirtoid sebagai Strategi Cross-Media”. Studi Kasus Intrinsik mengenai Penggunaan Infografis pada Akun Instagram Tirtoid sebagai Strategi Cross-Media. Pembimbing utama Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah,S.Sos., M.Si., dan pembimbing pendamping Efi Fadilah,S.Sos., M.Pd. Jurusan Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Strategi cross-media (penyilangan media) adalah strategi diversifikasi dan pengintegrasian yang dilakukan oleh media massa di platform media lainnya termasuk media sosial. Tirto.id adalah media massa yang menerapkan strategi ini dengan menggunakan infografis di akun Instagram-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan infografis pada akun Instagram tirtoid sebagai strategi cross-media.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan Divisi Media Sosial Tirto.id, observasi akun Instagram tirtoid, studi kepustakaan, penelusuran online, dan bahan visual.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Tirto.id menggunakan infografis di Instagram dilatarbelakangi empat pertimbangan; segmentasi khalayak, sifat dan karakter platform, kemudahan produksi, dan karakter perusahaan. Keempat pertimbangan ini sesuai dengan konsep dasar strategi cross-media yang menekankan pada kesesuaian pilihan media dan konten yang disajikan. Dalam proses produksi konten infografis, ada enam tahapan yang dilaksanakan Tirto.id; rapat perencanaan, pembuatan brief, visualisasi brief, editor approving, penjadwalan dan pengunggahan, pelaporan dan evaluasi. Akun Instagram tirtoid memberikan karakter khas pada infografisnya yang dilandaskan pada prinsip dan etika jurnalistik. Ini menjadi ukuran yang digunakan Tirto.id dalam memproduksi infografis yang menarik dan berkualitas. Tirto.id menggunakan prinsip reuse, repackaging, dan recreate dalam pendistribusian dan pengembangan konten infografis di Instagram. Prinsip ini berimplikasi pada praktik agenda setting dalam produksi konten infografis serta berdampak pada pertambahan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) tim produksi, penguatan brand, dan terbukanya peluang baru pemasaran.`

Peneliti menyarankan agar Tirto.id dapat mengembangkan SDM Divisi Media Sosial menjadi lebih proporsional serta memberikan perhatian dan apresiasi pada kinerja Divisi Media Sosial. Peneliti juga menyarankan agar editor dapat lebih teliti dalam melakukan pemeriksaan desain ilustrasi dan gambar karena menjadi elemen pokok dalam infografis.

Download: File Abstrak ,