Abstrak RSS

REPRESENTASI KOMUNISME DALAM KARIKATUR SAMPUL MBM TEMPO EDISI 16-22 MEI 2016

REPRESENTASI KOMUNISME DALAM KARIKATUR SAMPUL MBM TEMPO EDISI 16-22 MEI 2016
HOLDANI RAHMANSAIB
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Holdani Rahmansaib, 210110110289, 2018. Skripsi, “Representasi Komunisme dalam Karikatur Sampul Majalah Berita Mingguan Tempo Edisi 16-22 Mei 2016”. Pembimbing utama Dr. Siti Karlinah, M.Si dan pembimbing pendamping Dr. Hj. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si.. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung dalam karikatur MBM Tempo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes untuk mengupas makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkandung dalam karikatur sampul MBM Tempo “FOBIA HANTU KOMUNISME” edisi 16-22 Mei 2016.
Hasil penelitian menunjukkan karikatur pada sampul MBM Tempo edisi 16-22 Mei 2016 berusaha memperlihatkan bahwa pemerintah Indonesia menganggap isu kebangkitan komunisme sebagai suatu hal yang menakutkan sehingga tindakan represif seperti razia pun terjadi.
Simpulan penelitian ini yaitu Tempo menunjukan bahwa pemerintah Indonesia memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap isu kebangkitan komunisme, sehingga perintah yang diberikan oleh presiden Joko Widodo dalam penanganan isu kebangkitan komunisme dimaknai sebagai sebuah perintah untuk melakukan razia terhadap atribut yang berbau komunis.
Saran peneliti untuk Tempo adalah agar dapat lebih bijak dalam merepresentasikan sesuatu agar khalayak tidak ikut terbawa isu yang ada, dalam hal ini adalah rasa takut yang berlebihan kepada komunisme.

Download: File Abstrak ,