Abstrak RSS

Kinerja Pajak di Indonesia: Analisis Kapasitas Pajak dan Upaya Pajak Pusat (Studi pada 32 Provinsi di Indonesia Tahun 2012-2016)

Kinerja Pajak di Indonesia: Analisis Kapasitas Pajak dan Upaya Pajak Pusat (Studi pada 32 Provinsi di Indonesia Tahun 2012-2016)
Gina Noviana Yuniar
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini dimaksudkan untuk menghitung kapasitas pajak (Tax Capacity) dan upaya pajak (Tax Effort) serta pemetaan provinsi berdasarkan kapasitas pajak yang dilaksanakan dan upaya pajak yang telah dilakukan. Perhitungan kapasitas pajak menggunakan pendekatan model Lotz-Morrs (1970) dengan melihat pengaruh pendapatan perkapita dan beberapa variabel control berupa populasi, luas lahan perkebunan, sektor industri, dan investasi. Analisis ini menggunakan data dari 32 provinsi dengan periode 2012-2016. Sementara perhitungan upaya pajak dilakukan dengan cara membandingkan antara pajak aktual terhadap kapasitas pajak hasil estimasi, sedangkan pemetaan dalam bentuk kuadran berdasakan kriteria kapasitas pajak dan upaya pajak masing-masing provinsi ke dalam empat kuadran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas pendapatan perkapita, kepadatan penduduk, luas lahan perkebunan, dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapasitas pajak. Sementara sektor industri berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kapasitas pajak. Indek upaya pajak menunjukkan ke 32 provinsi memiliki upaya pajak yang berbeda-beda selama lima tahun. Sedangkan hasil pemetaan berdasarkan kapasitas pajak dan upaya pajak semakin memperlihatkan kombinasi berbeda dari tiap-tiap provinsi.