Abstrak RSS

PERAN HUMAS POLRES TASIKMALAYA KOTA DALAM PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT

PERAN HUMAS POLRES TASIKMALAYA KOTA DALAM PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT
FEBI DWI PUTRA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Febi Dwi Putra , NPM 210103140066 , Mahasiswa Diploma III PAKT, Program Studi Hubungan Masyarakat, Peminatan Kehumasan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Menyusun Tugas Akhir yang berjudul “Peran Humas Polres Tasikmalaya Kota Dalam Pelayanan Informasi Masyarakat“. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kokom Komariah, M.Si
Tujuan pengamatan untuk memperoleh gambaran Peran Humas Polsek Tasikmalaya Kota sebagai seorang Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecah Masalah dan Teknisi Komunikasi dalam pelayanan informasi kepada masyarakat. Metode Pengamatan adalah Deskriptif dengan Teknik Pengumpulan data Wawancara, Observasi dan Studi Kepustakaan.
Hasil pengamatan menunjukan bahwa peran humas sebagai seorang penasehat ahli dengan adanya komunikasi antara bagian humas dengan pimpinan Polres dalam penanganan masalah yang diterima, peran sebagai fasilitator komunikasi dengan adanya media social, website dan contact center, peran sebagai Fasilitator Proses pemecah masalah mampu mengadakan mediasi terhadap masalah yang ada dan peran sebagai teknisi komunikasi dengan melakukan kegiatan peliputan.
Simpulan bahwa peran humas Polres Tasikmalaya Kota Sebagai penasihat ahli sudah cukup baik namun berkendala pada tindak lanjut masalah, sebagai fasilitator komunikasi sudah cukup baik namun kurang antusiasme masyarakat, sebagai fasilitator proses pemecah masalah sudah sangat baik karena tanggap terhadap masalah dan sebagai teknisi komunikasi sudah cukup baik karena kurang didukung peralatan yang modern.
Saran yang penulis sampaikan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini supaya lebih maksimal dalam menjalankan perannya humas harus melakukan perencanaan yang matang serta menentukan taktik yang tepat agar lebih diminati masyarakat dan menimbukan citra positive bagi Polres Tasikmalaya Kota.

Kata kunci : Peran, Humas, Tugas dan Layanan Informasi

Download: File Abstrak ,