Abstrak RSS

SOSIALISASI SERTIFIKASI MAKANAN HALAL JAWA BARAT

SOSIALISASI SERTIFIKASI MAKANAN HALAL JAWA BARAT
Ulfie Nurazizah Muslim
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Ulfie Nur Azizah Muslim, 210110140045, 2018, “Sosialisasi Sertifikasi Makanan Halal (Studi Kasus Strategi Komunikasi LPPOM MUI dalam Sosialisasi Sertifikasi Makanan Halal di Jawa Barat)”, Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si sebagai pembimbing utama, dan Drs. Pramono Benyamin, M.Pd sebagai pembimbing Pendamping, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

Skripsi ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perumusan strategi LPPOM MUI dalam sosialisasi sertifikasi makanan halal di Jawa Barat (2) Mengetahui pelaksanaan strategi LPPOM MUI dalam sosialisasi informasi mengenai sertifikasi makanan halal di Jawa Barat (3) Mengetahui alasan LPPOM MUI melakukan sosialisasi sertifikasi makanan halal di Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan 7 (Tujuh) Informan, yang dipilih secara purposif berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan sosialisasi, LPPOM MUI melakukan beberapa tahapan diantaranya tahap perencanaan yang mencakup analisis situasi, penetapan tujuan, analisis SWOT, menentukan khalayak, komunikator, menentukan saluran yang akan digunakan, dan pesan apa yang akan disampaikan. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan LPPOM MUI melakukan sosialisasi dengan mengemas melalui program yang disesuaikan dengan khalayaknya. Diantara program tersebut adalah halal goes to school, welcome to halal centre, sosialisasi majelis taklim, dan membina komunitas. Respon yang diterima LPPOM MUI lebih banyak bersifat positif, respon tersebut diterima secara langsung dan tidak langsung. Alasan LPPOM MUI melakukan sosialisasi karena mengonsumsi produk halal adalah wajib, sifat sertifikasi halal yang masih bersifat voluntary juga menjadi alasan dilakukannya sosialisasi. Selain itu guna menumbuhkan sikap peduli halal pada masyarakat di Jawa Barat.
Kata kunci : strategi komunikasi, sosialisasi, sertifikasi.
 

Download: File Abstrak ,