Abstrak RSS

PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI CIMAHI TECHNOPARK

PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI CIMAHI TECHNOPARK
RD MUHAMMAD RYAN R
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Rd. Muhammad Ryan R, 210110140235. 2018. Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian yaitu “Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan di Cimahi Technopark”. Pembimbing Utama adalah Dedi Rumawan Erlandia, S.Sos., M.Si. dan Pembimbing Pendamping adalah Ilham Gemiharto S.Sos., M.Si.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan. Iklim komunikasi organisasi sebagai variabel X diturunkan menjadi enam sub variabel, yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah karyawan Cimahi Technopark. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 57 karyawan Cimahi.

Hasil penelitian ini adalah iklim komunikasi organisasi Cimahi Technopark berpengaruh secara signifikan, baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi kerja karyawan. Pengaruh analisis regresi terbesar adalah faktor mendengarkan dalam komunikasi ke bawah terhadap motivasi kerja karyawan dan pengaruh terkecil adalah faktor kepercayaan terhadap motivasi kerja karyawan. Saran dari penulis, sebaiknya Cimahi Technopark memberikan perhatian pada tujuan dan pekerjaan yang dilakukan, khususnya pada komitmen terhadap pekerjaan dan kesejahteraan karyawan.

Download: File Abstrak ,