Abstrak RSS

SINDIKASI SEBAGAI SERIKAT PEKERJA MEDIA DI INDONESIA

SINDIKASI SEBAGAI SERIKAT PEKERJA MEDIA DI INDONESIA
GETZOLWIN JURDHY
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Getzolwin Jurdhy. 210110140246. 2018. “SINDIKASI Sebagai Serikat Pekerja Media di Indonesia”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Atwar Bajari, M.Si. sebagai Pembimbing Utama dan Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Manajemen Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui latar belakang terbentuknya SINDIKASI sebagai serikat pekerja media di Indonesia, bagaimana SINDIKASI menjalankan fungsinya, strategi dan program kerja SINDIKASI, dan hambatan yang dialami oleh SINDIKASI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini adalah inisiator dan pengurus harian SINDIKASI.
Hasil penelitian ini menunjukkan latar belakang terbentuknya SINDIKASI sebagai serikat pekerja media di Indonesia adalah untuk menjadi wadah bagi pekerja media untuk berserikat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja media dari luar perusahaan. SINDIKASI menjalankan fungsinya dengan memberi edukasi tentang PKB, mendampingi perselisihan pekerja dengan perusahaan, dan membentuk biro SINDIKASI dalam perusahaan. Program kerja saat ini fokus mengembangkan internal SINDIKASI dan strategi yang digunakan adalah strategi komunikasi. SINDIKASI mengalami hambatan internal berupa minim partisipasi anggota, waktu untuk bertemu, kapasitas pengetahuan pengurus, dan finansial. SINDIKASI mengatasinya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp untuk interaksi dengan anggota dan rapat daring, mengadakan kelas edukasi, dan mencari sponsor serta mengenakan biaya donasi.
Simpulan dari penelitian ini adalah SINDIKASI sebagai serikat pekerja muncul untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan menjalankan fungsinya dari luar perusahaan menggunakan program kerja dengan strategi komunikasi yang berbeda dari serikat pekerja lainnya.

Download: File Abstrak ,